Rincian Formasi CPNS 2019, Terbanyak Bidang Pendidikan dan Kesehatan

Soal CPNS dibekali dengan teknologi enkripsi

Semarang, IDN Times - Pemerintah telah resmi membuka sebanyak 152.250 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Jumlah formasi tersebut ditetapkan untuk instansi pusat sebanyak 37.425 formasi dan daerah sebanyak 114.825 formasi.

Baca Juga: Syarat Pendaftaran CPNS 2019, Dibuka 11 November Siapkan Dokumen Ini

1. Pemkab Bangli mengundurkan diri pengadaan CPNS 2019

Rincian Formasi CPNS 2019, Terbanyak Bidang Pendidikan dan KesehatanDok. Kementerian PANRB

Instansi pemerintah yang melaksanakan rekrutmen CPNS tahun 2019 terdiri dari 68 kementerian/lembaga. Sedangkan untuk daerah di seluruh Indonesia berjumlah 461 pemerintah daerah (pemda). Awalnya berjumlah 462 pemda, namun Pemerintah Kabupaten Bangli mengundurkan diri.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa rekrutmen CPNS tahun ini menggunakan sistem yang lebih transparan, akuntabel, serta bebas dari praktik Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN).

"Membangun profesionalisme birokrasi, termasuk penerimaan CPNS yang pelaksanaannya dilakukan secara profesional," jelas Tjahjo sebagaimana keterangan tertulis resmi yang dikutip IDN Times, Jumat (1/11).

2. Rekrutmen untuk menggantikan jumlah PNS yang pensiun

Rincian Formasi CPNS 2019, Terbanyak Bidang Pendidikan dan KesehatanANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Mulai tahun 2019 fokus pemerintah adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM). Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, prioritas rekrutmen CPNS kali ini untuk memenuhi kebutuhan SDM di bidang pendidikan, kesehatan, dan tenaga teknis atau profesional lainnya.

Rekrutmen CPNS 2019 juga mengutamakan prinsip zero growth, yakni menggantikan jumlah PNS yang pensiun, dikecualikan bagi tenaga pendidikan dan kesehatan.

Tjahjo mengimbau kepada para calon pelamar untuk berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang berkaitan dengan proses penerimaan CPNS.

“Perlu kami informasikan bahwa tidak ada satu orang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusan,” tegas Tjahjo.

3. Formasi untuk pemerintah daerah lebih banyak

Rincian Formasi CPNS 2019, Terbanyak Bidang Pendidikan dan KesehatanIDN Times/Ilustrasi

Sementara itu, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan bahwa penetapan formasi berdasarkan pada analisis jabatan dan analisis beban kerja. Total kebutuhan ASN saat ini sebanyak 197.111 formasi, yang terdiri dari instansi pusat sebanyak 37.854 formasi dan daerah 159.257 pemda.

“Merujuk dari data e-formasi, formasi CPNS yang ditetapkan sebanyak 152.250 formasi,” terang Setiawan.

Lanjutnya dikatakan, jenis formasi yang dibuka tahun ini terdiri dari formasi umum dan formasi khusus. Untuk syarat formasi khusus antara lain cumlaude, diaspora, putra/i Papua dan Papua Barat, disabilitas, serta formasi lainnya yang bersifat strategis.

4. Bank soal seleksi CPNS dienkripsi

Rincian Formasi CPNS 2019, Terbanyak Bidang Pendidikan dan KesehatanANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bidang pendidikan dan kesehatan merupakan jumlah formasi yang paling banyak. Jumlah formasi yang disiapkan untuk bidang pendidikan berjumlah 65.397 dan bidang kesehatan sebanyak 34.038 formasi.

Sedangkan untuk jabatan fungsional, disiapkan formasi sebanyak 31.912. Adapun untuk pelaksana teknis, dibuka 20.903 formasi.

Disinggung soal keamanan soal-soal untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Setiawan menyatakan bahwa bank soal telah dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Ketika soal itu hendak digunakan, yang memegang kuncinya adalah Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Mereka tidak boleh sembarangan membuka dan harus sesuai prosedur," ucap Setiawan.

Baca Juga: Daftar Formasi CPNS 2019 di Jateng, Cilacap Paling Banyak Merekrut

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya