CPNS 2019, Syarat Pendaftaran dan Dokumen yang Perlu Disiapkan

11 November 2019 pendaftaran CPNS dibuka

Semarang, IDN Times - Hari ini, Senin (11/11) pendaftaran CPNS 2019 resmi dibuka. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN/RB) seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019.

Pada tahun ini, penerimaan CPNS dibuka di 68 kementerian atau lembaga dan 462 pemerintah daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Tengah.

Dari keterangan resmi yang diterima IDN Times, pendaftaran CPNS secara online melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN), sscasn.bkn.go.id.

Baca Juga: Ini 28 Provinsi yang Buka Pendaftaran CPNS, Terbanyak DKI Jakarta 

1. Pendaftaran dimulai pada Senin 11 November 2019

CPNS 2019, Syarat Pendaftaran dan Dokumen yang Perlu DisiapkanSetkab.go.id

Pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online melalui situs SSCASN BKN di https://sscasn. bkn.go.id/ dan akan dibuka pada 11 November 2019.

Tahun ini untuk pendaftaran CPNS 2019 pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi untuk satu formasi jabatan di kementerian atau lembaga atau pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota.

2. Ada dua tes untuk CPNS 2019, Tes SKD dan SKB

CPNS 2019, Syarat Pendaftaran dan Dokumen yang Perlu Disiapkan(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Untuk tes atau Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan menggunakan sistem Computer Assisted test (CAT). Tes tersebut akan dimulai pada Februari 2020. Sedangkan untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) digelar pada Maret 2020.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Tes ini rencananya dimulai pada bulan Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada bulan Maret 2020.

3. Syarat pelamar CPNS 2019

CPNS 2019, Syarat Pendaftaran dan Dokumen yang Perlu Disiapkaninstagram.com/bkngoidofficial

Syarat Pelamar Menurut Pasal 23 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, setiap warga negara Indonesia dapat melamar sebagai PNS apabila memenuhi persyaratan berikut:

- Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun saat melamar

- Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih

- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan tersendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Republik Indonesia

- Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat politik praktis
Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan yang akan dilamar

- Sehat jasmani dan rohani sesuai kualifikasi jabatan yang akan dilamar

- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah

- Sementara, untuk persyaratan lain disesuaikan dengan kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Pengecualian batas usia diberlakukan untuk jabatan tertentu, yaitu paling tinggi 40 tahun. Jabatan tertentu yang dimaksud adalah yang ditetapkan oleh Presiden.

4. Dokumen yang Diperlukan

CPNS 2019, Syarat Pendaftaran dan Dokumen yang Perlu Disiapkan(Ilustrasi CPNS) setkab.go.id

Sebelumnya, BKN telah meminta calon peserta yang berminat melamar sebagai CPNS 2019 untuk mempersiapkan dokumen-dokumen seperti

- Scan KTP
- Scan kartu keluarga,
- foto diri,
- Ijazah
- Transkrip nilai

Dokumen-dokumen tersebut nantinya akan diunggah melalui portal SSCASN.

Nah sudah siap untuk mendaftar CPNS 2019, cek dulu formasi apa yang ingin dilamar lalu jangan lupa siapkan dokumen-dokumennya ya, semoga berhasil!

Baca Juga: Daftar Formasi CPNS 2019 di Jateng, Cilacap Paling Banyak Merekrut

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya