Berani Lawan Pungli, Ganjar Pranowo Didukung Penuh Pengusaha Transportasi Jateng

Ganjar bisa kembangkan trayek BRT

Semarang, IDN Times - Para pengusaha yang tergabung dalam relawan Masyarakat Transportasi (Matra) Jawa Tengah memberikan dukungan penuh bagi bacapres PDIP Ganjar Pranowo. Bahkan, jumlah pengusaha transportasi yang bergabung mendukung Ganjar telah menyentuh angka ratusan ribu orang.

Menurut Ketua Relawan Matra Jateng, Bambang Pranoto Purnomo, para pengusaha transportasi yang mantap mendukung Ganjar tersebar di 35 kabupaten/kota Jawa Tengah.

"Kami sudah bertekad bulat mengusung Ganjar Mahfud sebagai presiden dan wakil presiden. Anggota relawan kami ada ratusan ribu. Karena masing-masing kabupaten ada 5.000 orang," kata Bambang kepada IDN Times, Kamis (2/11/2023).

Bambang sudah membangun Posko Pemenangan untuk Ganjar Pranowo di Kota Semarang. Lokasinya berada pinggir Jalan Raya Polaman-Gunungpati.

Baca Juga: PKB Jateng Pakai Politik Identitas untuk Sumbang Suara Separuh Buat Anies Baswedan

1. Pengusaha transportasi sepakat bentuk relawan pendukung Ganjar

Berani Lawan Pungli, Ganjar Pranowo Didukung Penuh Pengusaha Transportasi JatengKetua Masyarakat Transportasi (Matra) Jawa Tengah Bambang Pranoto Purnomo saat meresmikan sekretariat Posko Matra Jateng sebagai langkah mendukung pemenangan bagi bacapres PDIP Ganjar Pranowo. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Hampir seluruh pengusaha transportasi terutama para pemilik truk dan bus telah rembugan jauh-jauh hari untuk menentukan sikap dukungannya untuk kontestasi Pilpres 2024.

Saat berembug, kata Bambang, setiap pengusaha menggodok nama-nama yang layak didukung.

"Memang inisiasi awalnya dari pengusaha bus, truk dan juragan taksi se-Jateng. Jadi bagaimana menyikapi dan menyambut tahun politik ini. Pada akhirnya disepakati membentuk relawan Matra Jateng. Nah sekarang setiap kabupaten/kota sudah ada korwil korwil," tuturnya.

2. Ganjar dianggap berani lawan pungli

Berani Lawan Pungli, Ganjar Pranowo Didukung Penuh Pengusaha Transportasi JatengJembatan timbang berbasis teknologi IoT. (Dok. Istimewa)

Lebih jauh lagi, menurutnya pilihan mendukung pencapresan Ganjar Pranowo didasari atas keberanian politikus PDIP tersebut saat memberantas aksi pungli di jembatan timbang.

Baginya sosok yang berani melawan aksi pungli pantas dibela. Lantaran tak banyak orang yang peduli dengan nasib para pengusaha transportasi.

"Kenapa harus Ganjar, ya karena beliau punya chemistry dengan kami. Terutama pas berani berantas pungli jembatan timbang. Sehingga akses transportasi yang kami lewati saban hari jadi nyaman," akunya.

3. Ganjar bisa kembangkan trayek BRT Trans Jateng

Berani Lawan Pungli, Ganjar Pranowo Didukung Penuh Pengusaha Transportasi JatengGubernur Jateng, Ganjar Pranomo meresmikan Bus Trans Jateng di Balaikota Solo. Dok. Humas Pemkot Solo

Pertimbangan lainnya karena Ganjar dianggap bisa mengembangkan moda transportasi massal BRT Trans Jateng. Bambang menjelaskan banyak rekan-rekannya sesama pengusaha yang terpikat dengan program Ganjar tersebut.

"Ganjar juga berhasil menelurkan tujuh koridor Trans Jateng. Tentu karena faktor inilah yang bikin para pengusaha menyambut baik pencapresan Ganjar. Teman-teman sangat antusias karena pengusaha transportasi mendapat keuntungan yang signifikan. Sudah terbukti bus Trans Jateng bisa mengakomodir kepentingan angkutan umum," ungkapnya.

4. Siap menang siap kalah

Berani Lawan Pungli, Ganjar Pranowo Didukung Penuh Pengusaha Transportasi JatengBakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (keempat kanan) dan bakal calon wakil presiden Mahfud MD (ketiga kanan) berfoto bersama Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kelima kanan), Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (ketiga kiri), Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (kedua kanan), Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (kanan), Ketua DPP PDIP Puan Maharani (kedua kiri) dan Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo (kiri) saat pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Tak cuma itu saja, pihaknya juga akan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai visi misi Ganjar-Mahfud.

"Kami tetap bergandengan dengan semua relawan pendukung dan partai pengusungnya. Soalnya Ganjar terbukti dilahirkan dari rahim Jawa Tengah. Ganjar sebagai wonge dewe," terangnya.

Selama kontestasi Pilpres, Bambang menyampaikan relawan Matra Jateng tidak akan menyebarkan ujaran kebencian. Ia juga menghindari hujatan.

Ia berharap ketika Ganjar menang Pilpres maka pengembangan bus Trans Jateng dapat dibawa menjadi program nasional. Supaya semua trayek bus Trans Jateng terkoneksi dengan 35 kabupaten/kota Jateng.

"Harapannya 35 kabupaten/kota terhubung dengan Trans Jateng. Terkoneksi semua Kalau Pak Ganjar yang menelurkan maka jadi program nasional. Sekarang kira tegak lurus menangkan Ganjar Mahfud. Kita hindari ujaran kebencian. Kita sosialisasi ke masyarakat menjadikan Ganjar jadi presiden. Hindari hujatan- hujatan. Kita siap menang, siap kalah. Bulan Desember kita akan deklarasikan relawan Matra Jateng," pungkasnya.

Baca Juga: Tegas! Projo Jateng Pecat Anggota yang Nekat Dukung Ganjar dan Mahfud

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya