Demokrat Tegaskan Rekomendasi untuk Pilgub Jateng Ada Di Tangan SBY

Demokrat akan berikan kejutan

Semarang, IDN Times - Elite Partai Demokrat menyatakan proses komunikasi dengan partai-partai lain untuk menentukan figur calon gubernur pada kontestasi Pilgub Jateng saat ini masih cair. 

Sekretaris DPD Demokrat Jawa Tengah, Kartina Sukawati mengungkapkan proses komunikasi partainya masih dilakukan ke sejumlah pimpinan partai lainnya. 

"Saat ini kami sedang bolak-balik terus ke DPP untuk menyerahkan rekomendasi kepada para kandidat kepala daerah. Yang urusan Pilgub Jawa Tengah, rekomendasinya ada di tangan Pak SBY," tuturnya kepada IDN Times, Jumat (26/7/2024). 

Untuk penentuan arah koalisi Pilgub Jateng, katanya juga masih dalam proses penentuan di tingkat DPP Demokrat. Termasuk apakah Demokrat akan mengusung Ahmad Luthfi atau tidak, pihaknya belum bisa memastikan.

Baca Juga: Demokrat Berharap KIM Munculkan Pemimpin yang Akrab Sama Warga Jateng

1. Demokrat sudah berikan rekomendasi buat empat daerah

Demokrat Tegaskan Rekomendasi untuk Pilgub Jateng Ada Di Tangan SBYKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menerima Pimpinan MPR RI. (IDN Times/Amir Faisol)

Ia menyampaikan pemberian rekomendasi saat ini masih difokuskan untuk para calon bupati, wakil bupati, walikota dan wakil walikota. 

Ina berkata dari total 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, setidaknya sudah ada empat daerah yang kini diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada serentak. 

Keempat daerah itu untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen. 

"Kemarin di DPP kami menyerahkan rekomendasi untuk kandidat di Wonogiri, Cilacap, Kebumen dan satunya lagi untuk pasangan calon di Karanganyar," paparnya. 

2. Demokrat akan beri kejutan di Semarang

Demokrat Tegaskan Rekomendasi untuk Pilgub Jateng Ada Di Tangan SBYKetua Asprov PSSI Jateng Yoyok Sukawi. (pssijateng.com)

Disinggung soal penentuan rekomendasi untuk Pilwakot Semarang, Ina meminta masyarakat bersabar dahulu. Karena pada saatnya nanti akan ada kejutan. 

"Hasilnya ditunggu dulu. Nanti akan banyak kejutan," terangnya. 

3. Tarso-Teguh resmi diusung Demokrat Wonogiri

Demokrat Tegaskan Rekomendasi untuk Pilgub Jateng Ada Di Tangan SBYIlustrasi petugas pemungutan suara (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sedangkan, Wawan Hariyono, Ketua Demokrat Wonogiri mengaku rekomendasi dari partainya memang sudah turun Kamis kemarin. 

Dalam foto yang diterima IDN Times, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan rekomendasi calon bupati dan wakil bupati Wonogiri kepada pasangan Tarso-Teguh. 

"Hari ini memberikan rekom pasangan Tarso Teguh. Teguh itu dari Golkar. Tarso itu eks PDIP," kata Wawan saat dikonfirmasi IDN Times. 

4. Ketua Demokrat Wonogiri yakin Tarso-Teguh menang besar

Demokrat Tegaskan Rekomendasi untuk Pilgub Jateng Ada Di Tangan SBYIlustrasi memilih

Wawan yakin Tarso-Teguh bakal menang mutlak pada bursa Pilbup Wonogiri. Apalagi keduanya dikenal punya track record yang mumpuni sebagai legislator di Kota Gaplek tersebut. 

Tak cuma itu, nama Tarso-Teguh juga dikenal cukup baik di tengah masyarakat Wonogiri. 

"Peluang menang besar. Sudah dikenal masyarakat. Dan namanya di masyarakat baik. Karena keduanya adalah anggota DPRD beberapa kali di Wonogiri," tegasnya. 

"Masing-masing sudah tiga kali menjabat anggota dewan. Penyerahan rekom bersamaan dengan puluhan kabupaten di provinsi lain," pungkasnya. 

Baca Juga: Daftar Bursa Calon Gubernur Jateng, Ada Kaesang hingga Eks Panglima

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya