Pacu Produksi Jagung, Polda Jateng Diversifikasi Lahan 450 Hektare

Kapolda Jateng jalankan perintah Jokowi

Semarang, IDN Times - Satgas Pangan Polda Jawa Tengah sedang meningkatkan produksi jagung dengan melakukan diverifikasi lahan seluas 450 hektare di seluruh wilayahnya. Upaya diversifikasi lahan sesuai arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo saat rapat koordinasi para kepala daerah di Sentul, Bogor, soal ketahanan pangan.

“Diversifikasi lahan dan untuk meningkatkan produksi jagung di Jawa Tengah. Ini sebagai pioner (pelopor) di Jawa Tengah, nantinya akan ada 450 hektar di Jawa Tengah nantinya di lain-lain tempat juga akan dilakukan,” kata Direskrimsus Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Dwi Subagio dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Selasa (24/1/2023).

Pihaknya berharap kegiatan seperti itu bisa terus terlaksana dengan baik dan berkelanjutan di seluruh Jawa Tengah.

1. Kapolda Jateng tugaskan Direskrimsus tanam jagung

Pacu Produksi Jagung, Polda Jateng Diversifikasi Lahan 450 HektareProses penanaman jagung yang dilakukan simbolis oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Dandim Kabupaten Semarang. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengemukakan pihaknya dalam membentuk satgas pangan tugasnya difokuskan penindakan segala kejahatan yang berhubungan dengan sediaan bahan pokok hingga BBM.

"Tapi hari ini Dirreskrimsus dapat tugas dari saya untuk menanam," tambahnya.

Baca Juga: Gak Ada Perbaikan, EWS Tanah Longsor di Jateng Malah Jadi Sarang Tawon

2. Lokasi lahan jagung bisa dimanfaatkan warga lokal

Pacu Produksi Jagung, Polda Jateng Diversifikasi Lahan 450 HektareKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat menanam jagung di Pringapus Kabupaten Semarang. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Ia pun mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka mendukung program ketahanan pangan secara nasional. Pada teknisnya, lahan itu bisa dimanfaatkan untuk tiga bulan ke depan dengan sistem tumpangsari.

"Nanti akan dikelola masyarakat sekitar yang tergabung Pak Tani Mitra Polri (Patroli) berjumlah 40 orang," ujarnya.

3. Perhutani tegaskan tetap bermitra dengan semua polres

Pacu Produksi Jagung, Polda Jateng Diversifikasi Lahan 450 HektarePetani jagung di Sumut (Dok.IDN Times/istimewa)

Kepala Divisi Regional Perhutani Jateng R Ratmanto Trimahono menambahkan bahwa lokasi tanam jagung di Candirejo Pringapus masuk kawasan Petak 49 F. 

Lahan bekas tebangan selain bisa untuk tanam jagung bisa juga dimanfaatkan untuk tanam palawija.

"Kami mendukung program ketahanan pangan di Jawa Tengah, saat ini kegiatan permulaan, kami punya 21 satker dseluruh Jawa Tengah. Ada 20 administrator yang kami siapkan untuk bermitra dengan polres-polres jajaran Polda Jawa Tengah,” kata Ratmanto. 

Baca Juga: Ganjar Warning Perhutani: Pohon yang Sudah Ditebang, Akarnya Jangan Dicabut

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya