Benarkah Gibran Bakal Berpasangan Dengan Anak Rudy di Pilwalkot Solo?

Bursa Pilwalkot Solo 2020.

Solo, IDN Times - Wacana memunculkan anak-anak mantan Wali Kota Solo untuk maju dalam Pemilihan Walikota (Pilwalkot) 2020 mencuat.

Putra sulung mantan Wali Kota dua periode Joko Widodo, Gibran Rakabuming, dan juga putra kedua Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Andareas Rheo Yuliana Fernandez dipasangkan untuk menjadi calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota 2020 mendatang.

1. Mengulang Pilkada 2005

Benarkah Gibran Bakal Berpasangan Dengan Anak Rudy di Pilwalkot Solo?Chirpstory.com

Munculnya kedua nama Gibran-Rheo tersebut mengingatkan kembali memori masyarakat kota Solo pada Pilkada 2005 silam. Saat itu Joko Widodo dipasangkan dengan FX Hadi Rudyatmo sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota dari PDIP.

Keduanya sukses memenangkan Pilkada 2005 dan bahkan pada 2010 pasangan petahana ini berhasil mempertahankan kekuasaan di kota Solo. 

2. Anak Rudy tak antusias

Benarkah Gibran Bakal Berpasangan Dengan Anak Rudy di Pilwalkot Solo?IDN Times / Larasati Rey

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku anaknya tidak begitu antusias menjadi orang nomor satu seperti ayahnya. Anaknya bahkan mengatakan tidak akan mengikuti jejaknya selagi dirinya masih menjabat.

“Dia bilangnya kalau bapak selesai, saya baru berpikir. Baru berpikir lho ya, belum tentu bersedia,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDIP tersebut.

Bahkan, anak Rudy sudah beberapa kali diajukan sebagai calon anggota dewan dari partai berlambang banteng moncong putih, namun menolaknya. Ia lebih memilih menjadi pengurus PAC dan memulai karir kepartaiannya dari bawah.

“Tahun 2009 dicalonkan jadi anggota DPRD, terus tahun 2014 dicalonkan lagi mboten. Yang nomer dua (Rheo.red), kemarin dicalonkan lagi yo mboten, padahal testing yo melu,” ujar Rudy saat ditemui Senin (14/10).

3. Didukung kalangan pemuda

Benarkah Gibran Bakal Berpasangan Dengan Anak Rudy di Pilwalkot Solo?IDN Times / Larasati Rey

Pegiat Forum Muda Visioner,  Antanonius Yogo Prabowo menilai  keduanya merupakan pemuda dan menjadi solusi dari PDIP untuk mengusung kalangan pemuda untuk memimpin Solo. Sebelumnya PDIP telah mengajukan pasangan tunggal Achmad Purnomo-Teguh Prakosa ke DPD untuk menjadi calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota dalam Pilwalkot 2020.

"Ini bisa menjadi solusi bagi partai untuk mengusung anak muda. Walaupun tentunya kami masih perlu uji, bagaimana sosok Mas Rheo, bagaimana cara pandang beliau tentang Solo," ungkapnya.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya