Hari Kartini, Selvi Ananda Beri Pesan Ke 50 Perempuan Mandiri di Solo

Banyak yang menangis atas kepeduliaan Selvi.

Surakarta, IDN Times - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta, Selvi Ananda mengikuti acara buka bersama 50 perempuan dari berbagai profesi seperti tukang parkir, pedagang keliling, pengasuh anak, penyapu jalan, hingga pemandi jenazah di Kota Solo.

Acara yang masuk dalam agenda Peringatan Hari Kartini dari Rotary Club Solo Kartini tersebut digelar disalah satu rumah saudagar batik di Kota Solo, Jumat (22/04/2022) malam.

Baca Juga: Pesona Selvi Ananda Saat Kenakan Batik Unik Ide Presiden Sukarno

1. Banyak mendengar cerita dari para wanita mandiri.

Hari Kartini, Selvi Ananda Beri Pesan Ke 50 Perempuan Mandiri di SoloSelvi Ananda (kerudung biru) bersama Rotary Club Solo Kartini. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam acara tersebut, Selvi datang dengan mengenakan pakaian kebaya warna putih dan jarik berwarna biru. Tak hanya itu, Selvi juga memakai kerudung biru.

Dihadapan para perempuan-perempuan yang notabene berprofesi sebagai penjahit, pengasuh anak, tukang sapu jalan, pedagang keliling, hingga pemandi jenazah tersebut Selvi tampak akrab dan bahkan berbaur bersama dengan duduk bareng dibawah bersama-sama.

Selvi juga dengan ramah, menyapa dan para perempuan-perempuan kartini tersebut, Selvi juga sesekali mendengar cerita para perempuan kartini.

2. Selvi berikan motivasi.

Hari Kartini, Selvi Ananda Beri Pesan Ke 50 Perempuan Mandiri di SoloSelvi Ananda saat berbuka bersama para perempuan dari berbagai profesi di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut Selvi juga berkesempatan memberikan pesan kepada perempuan-perempuan tulang punggung keluarga tersebut. Mendengar pesan Selvi, banyak dari mereka yang bahkan mengeluarkan air mata.

Selvi mengatakan jika pandemi Covid-19 menjadikan perempuan sebagai ujung tombak keluarga. Kesulitan ekonomi, mengharuskan perempuan untuk dituntut turut membantu ekonomi keluarga.

"Tepat di Hari Kartini ini membuktikan bahwa perempuan-perempuan itu hebat, perempuan-perempuan itu kuat, terlebih lagi dimasa pandemi saat ini justru perempuan banyak bertahan," ungkap Selvi usai selesai acara rangkaian HUT 30 tahun Rotary Club Solo Kartini tersebut.

Selvi juga menitipkan pesan kepada para perempuan di Hari Kartini di Indonesia harus menjadi perempuan yang hebat, perempuan yang kuat. "Karena perempuan itu andalan di sebuah keluarga yang mengurus masalah kesehata, keuangan, pendidikan, termasuk lainnya jadi ujung tombaknya dikeluarga itu adalah di perempuan," pungkasnya.

3. Terharu atas kepedulian Selvi.

Hari Kartini, Selvi Ananda Beri Pesan Ke 50 Perempuan Mandiri di SoloSelvi Ananda, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu salah seorang kartini asal Pajang, Upik (60) mengaku sangat berterima kasih atas kepeduliaan istri Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka tersebut. Ia terharu karena Selvi berkenan menyempatkan diri untuk bertemu dengan para perempuan yang notabene berasal dari perekonomian menenggah kebawah.

"Saya senang sekali, Mbak Selvi itu mau berbagi sama kita-kita ini yang semua profesi dirangkul dengan Mbak Selvi itu Ya Allah luar biasa sekali," ujarnya.

Baca Juga: Bekali Putra Putri Solo 2021, Selvi Ananda Curhat Gagal Jadi Finalis

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya