Karawitan ISI Solo Siapkan Lagu Ojo Dibandingke di Nikahan Kaesang

Siapkan grub karawitan di dua lokasi.

Surakarta, IDN Times - Institut Seni Indonesia (ISI) Solo menyiapkan dua grup karawitan untuk memeriahkan acara ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, pada Minggu (11/12/2022).

Dua regu tersebut telah melakukan latihan perdananya di Prodi Tari ISI Surakarta, Jumat (2/12/2022) lalu.

Baca Juga: 3 Motif Batik yang Akan Dipakai Keluarga Jokowi Saat Nikahan Kaesang 

1. Siapkan dua grub karawitan.

Karawitan ISI Solo Siapkan Lagu Ojo Dibandingke di Nikahan KaesangKarawitan ISI Solo latihan untuk ngunduh mantu Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Koordinator Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) ISI Surakarta Guntur Sulistiyono mengatakan ada sebanyak 44 personel yang disiapkan untuk menyemarakkan acara ngunduh mantu Presiden Joko Widodo di Kota Solo.

"Ada yang dari mahasiswa, dosen, PLP, sampai praktisi yang dari luar akademisi pun ada," katanya Sabtu (3/12/2022).

Dua grup karawitan akan memainkan gamelan di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung saat upacara ngunduh mantu. Dan satu grub lainnya disiapkan di Pura Mangkunegaran untuk menghibur tamu tasyakuran.

Jumlah personel yang bakal menabuh gamelan di Loji Gandrung akan lebih sedikit mengingat durasi acara hanya 1-2 jam. Sementara acara tasyakuran di Pura Mangkunegaran berlangsung dari pagi hingga malam hari.

"Yang di Loji Gandrung 20 orang, di Mangkunegaran 24 orang," ungkap Guntur.

2. Ada gendhing lagu 'Ojo Dibandingke'

Karawitan ISI Solo Siapkan Lagu Ojo Dibandingke di Nikahan KaesangKarawitan ISI Solo latihan untuk ngunduh mantu Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Guntur mengatakan latihan untuk persiapan ngunduh mantu Kaesang-Erina hanya dilakukan satu kali. Ia mengaku jika grup karawitan dari ISI sudah biasa mengiringi acara pernikahan sehingga musik yang biasa dimainkan sudah hafal di luar kepala para pemain.

"Kami rata-rata pakai improvisasi. Bukan bermaksud sombong, tapi semua gendhing sudah tersimpan di sini," katanya.

Selain itu, grub karawitannya juga menyiapkan gendhing lagu khusus yakni 'Ojo Dibandingke' untuk ditampilkan saat ngunduh mantu nantinya.

"Ada permintaan grub kita juga belajar gedhing Ojo Dibandingke," katanya.

Ada juga gendhinh lagu 'Ibu Pertiwi' untuk mengiringi kedatangan rombongan di Pura Mangkunegaran.

3. Iringi tarian dari Pura Mangkunegaran.

Karawitan ISI Solo Siapkan Lagu Ojo Dibandingke di Nikahan KaesangPenari di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Di samping grup dari ISI Solo, acara pernikahan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran juga akan dimeriahkan oleh grup karawitan dari Kemantren Langenpraja Pura Mangkunegaran.

"Langenpraja dari Mangkunegaran nanti mengiringi tarian. Nanti gantian dengan grup saya karena acaranya dari siang sampai malam. Kalau dari kita semua jelas nggak kuat," katanya.

Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono akan mengelar di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, pada 10 Desember 2022.

Prosesi pernikahan keduanya akan dimulai pada 8 Desember, dimulai dari agenda semaan Al-Qur'an hingga midodareni.

Baca Juga: Alasan Pelaminan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran ke Arah Timur

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya