KGPAA Mangkunegara X Raja Muda Era Millenial Bakal Tampil di IMGS 2023

Mangkunegara X bakal bicara tentang Youth Leadership Skills

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X bakal menjadi salah satu pembicara di Indonesia Millennial & Gen Z Summit 2023.

Sosok raja di Pura Mangkunegara ini bakal tampil di sesi kedua hari kedua gelaran IMGS 2023 dan berbicara tentang topik Fostering Youth Leadership Skills in Navigating The Digital Landscape pada Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Bakal Tampil di IMGS 2023, Bicara Dinamika Politik 2024

1. Dinobatkan sebagai raja di usia 25 tahun

KGPAA Mangkunegara X Raja Muda Era Millenial Bakal Tampil di IMGS 2023KGPAA Mangkunegara X. (IDN Times/Larasati Rey)

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunagoro X lahir di Surakarta pada 29 Maret 1997. Ia merupakan putra dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunagoro IX dan Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX. Sebelum naik tahta KGPAA Mangkunagoro X bernama Gusti Pangeran Harya (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dinobatkan menjadi KGPAA Mangkunagoro X pada hari Sabtu Pahing, 12 Maret 2022 atau 8 Ruwah Alip 1955 saat ia berusia 25 tahun. Ia meneruskan kepemimpinan ayahnya, KGPAA Mangkunagoro IX yang wafat pada tanggal 13 Agustus 2021. Penobatan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunagoro X dilakukan oleh Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX.

KGPAA Mangkunegara X menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di Jakarta. Kemudian beliau menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 2019.

2. Sosok raja muda yang berprestasi

KGPAA Mangkunegara X Raja Muda Era Millenial Bakal Tampil di IMGS 2023KGPAA Mangkunegara X. (IDN Times/Larasati Rey)

GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo merupakan lulusan Fakultas Hukum, Universitas Indonesia. Dari penelusuran IDN Times, banyak prestasi yang ditorehkan olehnya.

Bhre pernah tergabung dalam Tim Mooting Vis FH UI dan berhasil mendapatkan gelar champion pada sesifinal Pre-Moot Willem C Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018.

Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot (Vis Moot) adalah pertandingan pengadilan semu yang diselenggarakan oleh Pace Law School, Vis Moot Foundation, dan United Nations Commission on International Trade Law. Sedangkan pre-moot merupakan pemanasan para peserta untuk memperbaiki argumen dan latihan tanding sebelum terjun ke ajang Vis Moot.

Kompetisi Vis Moot menjadi salah satu kompetisi moot court paling prestisius di Dunia terutama untuk bidang arbitrase komersial.

3. Memiliki kecintaan yang besar pada kebudayaan Jawa

KGPAA Mangkunegara X Raja Muda Era Millenial Bakal Tampil di IMGS 2023KGPAA Mangkunegara X. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebagai raja muda di era milenal, KGPAA Mangkunagoro X memiliki kecintaan yang besar terhadap kebudayaan Jawa. Beliau memiliki cita-cita untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Jawa sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjalanan peradaban bangsa.

Puro Mangkunegaran semakin membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai pihak dalam melestarikan kebudayaan Jawa. Diharapkan Puro Mangkunegaran mampu menjadi rujukan bagi masyarakat untuk mempelajari adat-istiadat, pengetahuan, norma dan kesenian Jawa.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023 merupakan sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Millennial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara. IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta.

Baca Juga: Prabowo Subianto, Capres Koalisi Indonesia Maju yang Tampil di IMGS 2023

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya