TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dilanda Cuaca Ekstrem, 7 Wilayah di Jateng Kebanjiran, Rumah Warga Roboh

BMKG ingatkan warga terkait potensi bencana rob

Ilustrasi cuaca ekstrem. (IDN Times/Mardya Shakti)

Semarang, IDN Times - Tak kurang tujuh daerah yang berada di sepanjang jalur Pantai Utara Jawa Tengah dilanda banjir dengan ketinggian bervariasi. Banjir yang dipicu adanya perubahan cuaca yang ekstrem ini bahkan telah merusak beberapa rumah warga di Kabupaten Rembang. 

Baca Juga: 3 Tongkang Terseret Ombak di Jateng, Sampai ke Pantai Pulau Komodo

1. Perumahan elite di Pekalongan terendam banjir. Warga saat ini diungsikan

Ilustrasi Banjir. (IDN Times/Mardya Shakti)

Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Syafruddin mengatakan banjir saat ini menerjang beberapa perumahan di Kabupaten Pekalongan. 

Kemudian banjir juga sempat melanda pemukiman warga di Batang akibat intensitas curah hujan yang deras, di Kudus ada belasan rumah warga yang terdampak banjir akibat adanya tanggul Sungai Piji yang jebol. 

"Rumah warga di Sayung Demak juga dihantam banjir setinggi dada orang dewasa karena ada luapan air sungai. Yang parah terkena banjir di Pekalongan. Di sana rumah warga di pemukiman elite juga kebanjiran, banyak juga yang mengungsi di balai desa, rumah tetangganya dan gedung sekolahan," ujar Syafruddin kepada IDN Times, Kamis (21/1/2021). 

2. BPBD libatkan tim gabungan SAR dan TNI/Polri untuk atasi jebolnya sungai

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Pihaknya saat ini telah berupaya menanggulangi bencana banjir dengan menambal sungai-sungai yang jebol memakai karung pasir. 

Personelnya melibatkan tim gabungan SAR, TNI/Polri untuk bahu-membahu mengatasi potensi banjir selama musim hujan di awal tahun ini. 

"Warga sudah mengungsi di gedung balai desa, sekolahan dan tanah lapang," jelasnya. 

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Ancam Landa Indonesia, BNPB Siapkan 3 Langkah Antisipasi

Berita Terkini Lainnya