TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Prestasi Gibran, Masuk Walikota Paling Berpengaruh Hingga Dipuji PBB

Lewati pandemi Covid-19

Wawancara khusus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di acara Real Talk with Uni Lubis di Mangkunegaran, Surakarta, Kamis (16/3/2023). (IDN Times/Reynaldy Wiranata & Gilang Pandutanaya)

Surakarta, IDN Times - Sosok Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka yang diusung oleh Partai Golkar sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto disebut memiliki karier politik yang moncer.

Pencalonan Gibran sebagai cawapres juga telah disetujui oleh para petinggi partai dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Secara tak langsung putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi calon terkuat cawapres Prabowo Subianto.

Memimpin Kota Solo selama 3 tahun sejak Februari 2021, Gibran banyak mendulang prestasi. Meski dalam waktu singkat Gibran mampu mengulap wajah Kota Solo dan menaikkan perekonomian meski sempat diterpa pandemi Covid-19.

Berikut prestasi yang pernah didapat Gibran selama memimpin Kota Solo;

Baca Juga: Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Pastikan Proyek Prioritas di Solo Lanjut

1. Ditunjuk jadi Ketua Pelaksana dan sukses gelar ASEAN Para Games 2022

Ketua INASPOC Gibran Rakabuming naik kuda. (Dok/INASPOC)

Pada tanggal 17 Juni 2022, secara resmi Presiden Joko "Jokowi" Widodo menunjuk Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games 2022 Organizing Committee (INASPOC).

Keputusan tersebut dituangkan Jokowi dalam Peraturan Presiden (Perpres) 95/2022 tentang Penyelenggaraan ASEAN Para Games XI yang diteken pada 17 Juni 2022.

Penetapan Gibran sebagai Ketua Pelaksana INASPOC tersebut sekaligus menjadi tantangan baru baginya. Mengingat olahraga tingkat internasional tersebut digelar pasca pandemi Covid-19.

2. Terpilih menjadi Walikota terpopuler

Gibran Rakabuming Raka naik sepeda othel untuk mendaftar ke KPU Solo, Jumat (4/9/20). IDNTimes/Larasati Rey

Gibran Rakabuming dinyatakan sebagai Walikota terpegah atau paling populer sepanjang 2021 oleh Indonesia Indicator (I2). Perusahaan intelijen media itu menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mencatat pemberitaan tentang Walikota Solo tersebut.

Tercatat, Gibran disebut sebanyak 28.779.574 kali di 6.470 media siber Tanah Ai telah mengunggah Gibran. Popularitas Gibran yang tinggi sering dikaitkan dengan ayahnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Namun pemberitaan terkait Gibran lebih didominasi kebijakan hingga aksi blusukannya dalam penanganan Covid-19.

3. Masuk 40 tokoh muda Indonesia berpengaruh.

Cawali Gibran Rakabuming Raka datang ke TPS 022, Manahan, Banjarsari, Solo. Dok/Gibran Rakabuming

Fortune Indonesia merilis tajuk utama 40 Under 40 edisi 1 Februari 2022. Majalah yang dikeluarkan oleh IDN Media tersebut, menyebutkan nama Walikota Solo, Gibran Rakabuming masuk sebagai salah satu orang yang berpengaruh dan membawa perubahan di usianya yang masih sangat muda.

Dalam majalah tersebut Gibran dinilai mampu melakukan terobosan, memberi manfaat bagi sesama, dan menginspirasi setidaknya untuk dua tahun terakhir dalam bidang pemeintahan.

Selain itu, Gibran juga mampu menjadi agen perubahan dan memiliki rekam jejek yang berbeda-beda ada persamaan dari mereka, membuka jalan baru bagi Indonesia.

4. Tokoh inspiratif Jawa Tengah tahun 2022

instagram.com/wahyoediciouz

Gibran Rakabuming Raka pada 9 Desember 2022 dinobatkan sebagai tokoh inspiratif Jawa Tengah. Penghargaan diberikan lantaran Gibran dinilai berkontribusi dan berdedikasi sehingga mengharumkan nama Jawa Tengah baik di pentas lokal, nasional, regional dan internasional.

Penghargaan tersebut diserahkan di Gradika Bhakti Praja, kompleks gubernuran Jalan Pahlawan Nomor 9 Semarang.

5. Raih Top BUMD Award tahun 2022

Gibran Rakabuming dan Jan Ethes ikuti Pawai Pembangunan 2023. (IDN Times/Larasati Rey)

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima penghargaan sebagai TOP Pembina BUMD 2022.

TOP BUMD Awards merupakan kegiatan penghargaan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD/CEO BUMD/Pembina BUMD [Kepala Daerah] di Indonesia.

Penghargaan diberikan kepada BUMD yang dinilai berhasil meningkatkan kinerja keuangan dan bisnisnya; meningkatnya pelayanan kepada konsumen dan masyarakat umum. Serta meningkatnya kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan bisnis dan investasi di daerah.

6. Diundang PBB usai sukses atasi Covid-19

Kampanye Paslon Gibran-Teguh dengan menggunakan virtual box keliling kampung. Dok.Gibran Rakabuming Raka

Pada September 2023, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima undangan dari Presiden Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) PBB Paula Navaes di New York, Amerika Serikat.

Dalam pertemuan itu, Gibran menceritakan kondisi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pasca-pandemi Covid-19. Selama pandemi, para pelaku UMKM Solo beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi untuk memperluas pasar.

Presiden Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) PBB memberikan pujian atas kepemimpinan Gibran karena dinilai sukses membuat kebijakan dalam memperkuat UMKM melalui digitalisasi, sehingga bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru selama dan pasca Covid-19.

Hal ini juga dinilai menjadi contoh nyata untuk berbagai isu bahasan PBB, terutama ihwal platform digital yang menjadi pemasti tercapainya pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

7. Bawa Kota Solo sabet penghargaan Adipura

Dok. Kementerian LHK

Usai puasa tak menyandang penghargaan Adipura, pada tanggal 28 Februari 2023, Kota Solo mendapat penghargaan Sertifikat Adipura Kategori Kota Besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan ini menjadi komitmen Pemkot Solo dalam menjaga kebersihan lingkungan, kenyamanan dan keindahan kota. 

8. Raih penghargaan Universal Health Coverage (UHC).

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada tanggal 14 Maret 2023, Pemkot Solo berhasil meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Penghargaan tersebut, menunjukkan keberhasilan dalam mencapai cakupan layanan kesehatan yang luas dan berkualitas bagi seluruh warga kota. 

Pemkot Solo memastikan setiap warganya mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau.

9. Raih penghargaan Digital Government Award Kategori Pencapaian Indeks SPBE.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Selang beberapa hari, pada tanggal 20 Maret 2023, Pemkot Solo meraih penghargaan Digital Government Award Kategori Pencapaian Indeks SPBE dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pemkot Solo berhasil memanfaatkan teknologi dengan baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan transparansi administrasi di era digitalisasi.

10. Raih penghargaan Kota dengan Kinerja Terbaik Tingkat Kota dari Kementerian Dalam Negeri.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada tanggal 29 April 2023, Kota Solo juga berhasil meraih peringkat ketiga Penghargaan Kota dengan Kinerja Terbaik Tingkat Kota dari Kementerian Dalam Negeri. 

Prestasi ini sebagai komitmen Kota Solo dalam mengelola dan mengembangkan berbagai sektor pembangunan. 

11. Masuk 4 besar Kota Toleran.

Gibran Rakabumingraka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Pada April 2022, nama Kota Solo semakin melesat dan masuk kategori sebagai kota paling toleran di urutan kesembilan di Indonesia. Kota Solo masuk daftar bersama sejumlah kota besar lainnya, seperti Singkawang.

Pemilihan Solo sebagai salah satu kota toleran ini dilihat dari berbagai aspek, salah satunya adanya ruang bagi semua pemeluk agama untuk mengelar acara keagaman secara aman dan nyaman. 

12. Raih predikat Solo Kota Paling Nyaman di Indonesia.

joss.co.id

Pada tahun 2022 Ikatan Ahli Perencana (IAP) merilis 20 kota paling nyaman untuk ditinggali. Dalam hasil tersebut, Kota Solo menduduki peringkat pertama sebagai Kota paling Nyaman di Indonesia. 

Kota Solo memperoleh poin rata-rata sebanyak 77 poin, mengalahkan Kota Yogyakarta dan Cirebon yang berada di peringkat kedua dan ketiga. 

13. Dua destinasi wisata masuk Anugerah Api Indonesia untuk yang pertama kalinya

Pracima Tuin (instagram.com/kekerannyasyp)

Untuk pertama kalinha dua destinasi wisata di kota Solo, Jawa Tengah masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023.

Dua yang lolos masuk nominasi API adalah Pracima Tuin dan atraksi prajurit keraton, yang memang sudah menjadi unggulan kota Solo adalah Keraton, baik Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaraan dan keduanya pun lolos masuk nominasi.

Anugerah Pesona Indonesia (API) adalah sebuah rangkaian acara tahunan yang diselenggarakan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata yang ada di Indonesia, 

Baca Juga: 8 Prestasi Gibran Anak Jokowi, Wali Kota Solo Cawapres Prabowo

Berita Terkini Lainnya