16 Titik di Semarang Dipasang Wastafel Portable, Cegah Virus Corona

Bantuan CSR Pertamina

Semarang, IDN Times -  Pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) masif dilakukan berbagai pihak melalui budaya hidup bersih dan sehat. PT Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DIY turut terlibat bersama Pemkot Semarang melakukan pencegahan itu. 

1. Menempatkan wastafel portabel di 16 titik di Kota Semarang

16 Titik di Semarang Dipasang Wastafel Portable, Cegah Virus CoronaDok. Pertamina MOR IV Jateng DIY

Salah satunya dengan menyalurkan bantuan berupa wastafel portabel yang akan diletakkan di 16 titik di Kota Semarang. Penyerahan bantuan dilakukan General Manager MOR IV, Iin Febrian kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang, Rabu (1/4). 

"Bantuan wastafel portabel ini merupakan kelanjutan dari berbagai upaya dan program yang telah kami lakukan untuk mendukung pencegahan penyebaran pandemi COVID-19. Adapun, 16 wastafel portabel ini akan ditempatkan di lokasi yang seringkali dikunjungi masyarakat yakni pasar tradisional," ungkap Iin. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Rumah yang Benar, Ampuh Cegah Virus Corona COVID-19

2. Pasar menjadi lokasi penting karena masih dikunjungi masyarakat

16 Titik di Semarang Dipasang Wastafel Portable, Cegah Virus CoronaDinas kesehatan memeriksa suhu tubuh pengunjung di Pasar Karangayu Semarang. Dok. Satpol PP Kota Semarang

Pasar yang akan dilengkapi fasilitas wastafel antara lain di Pasar Genuk, Pasar Ikan Semarang Utara, Pasar Banyumanik, Kota Lama, Pasar Ngaliyan dan beberapa pasar lainnya.

“Sebelumnya, kami telah berkoordinasi dengan Pemkot Semarang untuk penempatan wastafel portabel ini dan akhirnya diputuskan di pasar-pasar tradisional. Bantuan ini juga merupakan kelanjutan dari bantuan atau program pencegahan penyebaran COVID-19 yang sudah kami lakukan yakni penyediaan hand sanitizer di armada BRT Trans Semarang," jelasnya. 

Alasan pasar tradisional menjadi lokasi penempatan wastafel portabel, karena di tengah pandemi virus corona dan penurunan aktivitas di luar rumah pasar merupakan lokasi yang tetap dikunjungi. Sehingga, untuk mengurangi risiko penularan virus corona ini kebersihan dan budaya mencuci tangan menjadi hal yang sangat penting

3. Pertamina gandeng Baznas Semarang untuk pelaksana program

16 Titik di Semarang Dipasang Wastafel Portable, Cegah Virus CoronaWarga tengah cuci muka di wastafel portable milik Pemkot Surabaya. Dok Humas Pemkot Surabaya

Sementara, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi bantuan Pertamina melalui anggaran CSR dengan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19.

“Terimakasih Pertamina telah membantu Pemkot Semarang dan masyarakat untuk sama-sama memerangi COVID-19. Kami akan menjaga bersama sama fasilitas ini agar bermanfaat untuk warga Semarang," katanya. 

Dalam program wastafel portabel ini, Pertamina turut menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang sebagai pelaksana program. Ke depannya bantuan ini akan dikelola oleh Pemkot Semarang. Melalui bantuan ini, Pertamina berharap agar fasilitas kebersihan khususnya dalam masa wabah COVID-19 dapat lebih mudah diakses serta semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk rajin mencuci tangan. 

Baca Juga: Ribuan Polisi Jateng Semprot Disinfektan ke 1200 Titik, Cegah COVID-19

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya