Comscore Tracker

26 Pasien COVID-19 Banyumas Dievakuasi, Gak Efektif Isolasi Mandiri

Tiga orang dengan komorbid dibawa ke rumah sakit

Banyumas, IDN Times - Sebanyak 26 pasien positif COVID-19 warga Desa Danaraja, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas dievakuasi setelah menjalani isolasi mandiri. Mereka dibawa ke rumah sakit dan tempat karantina milik Pemerintah Kabupaten Banyumas karena isolasi yang dilakukan tidak efektif.

1. Isolasi mandiri yang dijalani sejak 12 Mei tidak efektif

26 Pasien COVID-19 Banyumas Dievakuasi, Gak Efektif Isolasi MandiriIlustrasi. Ruang isolasi RSUD Kabupaten Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan

Bupati Banyumas, Achmad Husein mengatakan, dari total 26 orang, 23 diantaranya telah dibawa ke tempat karantina di Hotel Pondok Slamet Baturraden dan tiga orang lainnya dibawa ke RSUD Banyumas karena memiliki gejala dan komorbid.

“Sudah dibawa oleh petugas. Sebab, isolasi mandiri yang mereka jalani sejak 12 Mei 2021 sampai hari ini tidak efektif sehingga dilanjutkan di tempat karantina di Hotel Pondok Slamet Baturraden,” ungkapnya melansir dari Serayu News, Minggu (16/5/2021).

Husein menambahkan, dari 23 orang tersebut delapan orang merupakan laki-laki dan 15 orang merupakan perempuan.

Baca Juga: 52 Jemaah Jadi Korban 2 Klaster Salat Tarawih COVID-19 Banyumas

2. Pasien dievakuasi ke tempat karantina dengan bus

26 Pasien COVID-19 Banyumas Dievakuasi, Gak Efektif Isolasi MandiriPasien positif COVID-19 warga Desa Danaraja, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas dievakuasi ke tempat karantina pemerintah. (dok. Serayu News)

Hingga saat ini, pihaknya masih terus melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan 23 orang tersebut.

“Mereka tadi diberangkatkan menggunakan satu bus dari Dinas Perhubungan dengan dikawal oleh ambulans Puskesmas Banyumas,” katanya.

Adapun, kronologi kasus COVID-19 tersebut bermula di Desa Danaraja itu terdapat satu orang yang dinyatakan positif virus corona. Kemudian, petugas melakukan tracing terhadap kontak dekat. 

3. Masih ada 10 warga menunggu hasil tes swab PCR

26 Pasien COVID-19 Banyumas Dievakuasi, Gak Efektif Isolasi MandiriIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Hasilnya tiga orang dinyatakan positif COVID-19. Dari temuan tersebut, petugas langsung melakukan swab massal hingga akhirnya dinyatakan total 26 orang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Kini sebanyak 10 warga masih menunggu hasil tes swab PCR. Mereka masih melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dengan pengawasan ketat dari Satgas COVID-19 tingkat desa,” tandasnya.

Baca Juga: Nasib! Lolos Mudik ke Banyumas Malah Dilaporkan Istri Masuk Karantina

https://www.youtube.com/embed/2KX4ki9F-ME

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya