Comscore Tracker

45 Ribu Ton Bansos Beras Tuntas Disalurkan di Jateng

Penyaluran Bansos Beras capai 100 persen

Semarang, IDN Times - Penyaluran program bantuan sosial beras (BSB) tahap I dan II tahun 2020 selesai dilakukan. Kementerian Sosial melalui Perum Bulog Kanwil Jawa Tengah telah 100 persen menuntaskan penyaluran ke jutaan keluarga penerima manfaat. 

1. Bulog sudah salurkan 450 ribu ton beras dalam program BSB secara nasional

45 Ribu Ton Bansos Beras Tuntas Disalurkan di JatengIlustrasi gudang beras Bulog (IDN Times/Holy Kartika)

Penutupan penyaluran program BSB tahap I dan II tahun 2020 ini dilakukan di Gudang Bulog Sumberejo Kaliwungu Kendal, Selasa (3/11/2020). Adapun, kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Sosial, Juliari Batubara. 

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Jateng, Miftahul Ulum mengatakan, sebanyak 450.000 ton beras dari Bulog sudah disalurkan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di seluruh Indonesia. Untuk di Jawa Tengah sendiri hampir 1.560.000 keluarga penerima manfaat telah menerima bansos beras.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Bulog Distribusikan Beras Hanya Sampai Kelurahan

2. Sebanyak 1,5 juta keluarga di Jateng menerima bansos beras dalam dua tahap

45 Ribu Ton Bansos Beras Tuntas Disalurkan di JatengPeluncuran Bansos Beras oleh Perum Bulog Kanwil Jateng. Dok. Perum Bulog Kanwil Jateng

"Dalam hal penyaluran BSB kami menerima perintah penyaluran beras medium CBP seluruhnya sebanyak 45.576.225 kg atau 45 ribu ton. Jumlah tersebut terbagi atas tahap I untuk alokasi Juli dan Agustus 2020 sebanyak 30.384.150 kg yang terealisasi pada bulan September 2020. Selanjutnya, pada tahap II untuk alokasi September 2020 yang terealisasi pada bulan Oktober 2020 sebanyak 15.192.075 kg," katanya melalui keterangan resmi.

Seluruh alokasi bansos beras di Jateng telah diserahterimakan 100 persen kepada transporter yang ditunjuk, yaitu PT DNR sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan atau tepat waktu dengan akhir penyaluran per tanggal 23 Oktober 2020. 

"Selain itu selama penyaluran, keluhan dari PKM PKH terhadap kualitas beras medium CBP yang disalurkan relatif kecil atau tepat kualitas," tuturnya.

3. Program BSB telah berjalan tepat waktu dan tepat kualitas

45 Ribu Ton Bansos Beras Tuntas Disalurkan di JatengKepala Perum Bulog Divisi Regional Aceh, Irsan Nasution ketika menyerahkan bantuan beras kepada warga (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Sosial RI, Juliari Batubara, menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya program BSB secara tepat waktu dan lancar. Sebab, semua bisa terselenggara dengan baik, karena kerja sama dan koordinasi yang baik sekali antara Kemensos, Perum Bulog, para transporter, dan pemerintah daerah.

"Terima kasih kepada Bulog, mudah-mudahan dari segi kualitas tidak ada masalah di lapangan, karena ini adalah instruksi Presiden," katanya.

Sementara, Mensos RI secara simbolik melakukan penutupan Program BSB, dengan melepas spanduk penyaluran Bansos Beras Tahap I dan II. Kegiatan disaksikan oleh Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Jateng, Bupati Kendal, Dirut PT. DNR, Kadinsos Provinsi Jateng dan Kabupaten Kendal, Pendamping PKH, dan perwakilan KPM PKH. 

Baca Juga: Pembatasan Jarak Sosial, Bulog Perluas Pemasaran Ritel Lewat iPanganan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya