69 ASN Semarang Naik Haji, Wali Kota Jamin Pelayanan Publik Jalan Terus

Posisi eselon 2 banyak yang kosong

Semarang, IDN Times - Sebanyak 69 ASN di lingkungan Pemerintah Kota Semarang akan menjalankan ibadah haji tahun 2023. Kendati demikian, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menjamin pelayanan kepada masyarakat tidak akan terganggu.

1. Masa tunggu hingga 12 tahun

69 ASN Semarang Naik Haji, Wali Kota Jamin Pelayanan Publik Jalan TerusIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Wali Kota yang akrab disapa Ita itu menyampaikan, turut senang atas keberangkatan jajarannya dalam menunaikan rukun Islam yang kelima. Menurut dia ini sudah menjadi panggilan dari Allah Subhanahu Wa ta'ala. 

“Iya hari ini saya melepas teman-teman ASN Kota Semarang yang haji ada 69 orang. Tadi saya tanya ada yang masa tunggunya 12 tahun, 11 tahun, dan yang yang paling agak tidak lama itu 10 tahun,” ungkapnya saat melepas calon jamaah haji pegawai ASN Pemerintah Kota Semarang di Ruang Loka Krida Gedung Moch. Ikhsan lantai 8, Rabu (24/5/2023). 

Keberangkatan jamaah haji ini menjadi tahun kedua setelah dibuka kembali pasca pandemik COVID-19.

Baca Juga: Ingin Gercep Tangani Kegawatdaruratan, Semarang Luncurkan Simpang Lima

2. Tak ganggu layanan masyarakat

69 ASN Semarang Naik Haji, Wali Kota Jamin Pelayanan Publik Jalan TerusIlustrasi pelayanan publik. ANTARA FOTO/Feny Selly

“Ada yang berangkat besok pagi-pagi, ada yang Jumat, ada yang Sabtu. Perkiraan pulang ini ya antara tanggal 7, 8, 9 Juli 2023. Lamanya ya 45 hari ibadah hajinya. Tentu kita juga berharap mereka bisa pulang kembali ke tanah air dengan lancar dan selama di Mekah bisa mendoakan untuk (kebaikan) Kota Semarang dan masyarakat luas,” ujar Ita. 

Meskipun banyak ASN yang melaksanakan ibadah haji, Ita menjamin absennya ASN yang berhaji itu tidak akan mengganggu rutinitas pelayanan kepada masyarakat.

3. Isi jabatan kosong dengan pelaksana tugas

69 ASN Semarang Naik Haji, Wali Kota Jamin Pelayanan Publik Jalan TerusWali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyerahkan SK Pensiun kepada ASN di lingkungan Pemkot Semarang, Rabu (24/5/2023). (dok. Pemkot Semarang)

Sementara itu, dalam acara yang sama, wali kota juga melakukan penyerahan SK Pensiun TMT 1 Juli sampai dengan 1 Agustus 2023 pada ASN di lingkungan Pemkot Semarang. Meski hal ini membuat banyak posisi jabatan pada unsur pimpinan mengalami kekosongan, tapi Ita tidak ingin gegabah dan asal menunjuk pengganti.

“Eselon 2 banyak yang kosong ya. Tapi assessment dan open bidding kan tidak bisa prosesnya seketika. Jadi kita kumpulkan dulu kader-kader (potensial). Sementara kita tempatkan personel atau teman-teman yang ada (untuk membantu) sebagai pelaksana tugas. Kalau kami prinsipnya harus the right man in the right place,” tandasnya. 

Baca Juga: Ravatars, Rangkum Data Vaksinasi Anak hingga Lansia di Semarang 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya