Comscore Tracker

7 Fakta Crazy Rich Grobogan Joko Suranto, Rogoh Kocek Rp 2,8 Miliar untuk Jalan Rusak

Joko Suranto lakukan betonisasi jalan sepanjang 1,8 kilometer

Grobogan, IDN Times - Sosok lelaki asal Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, Joko Suranto viral di media sosial. Pengusaha properti itu mendapat sorotan karena memperbaiki jalan rusak kabupaten sepanjang 1,8 kilometer dengan merogoh kocek pribadi. 

Lelaki yang kini menjabat Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Barat itu menyumbang uang senilai Rp2,8 miliar untuk pembangunan jalan secara betonisasi. Adapun, jalan kabupaten itu menghubungkan Desa Welahan, Desa Jetis, dan Desa Ngampu Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan. 

Kedermawanan Joko Suranto pada kampung halamannya itu menuai reaksi warganet. 

‘’Saya angkat topi sama bapak yg bangun jalan concreet di Grobogan, semoga jalan yg ditingkatkan/ diperbaiki menjadi amal jariah , jelas bermanfaat untuk banyak orang. Semoga Alloh menerimanya sebagai amal jariah, dan bapak dan keluarganya diberi selalu keadaan sehat wal afiat,’’ kata akun @HariyonoSumali.

Kemudian akun @Panembahan_alit juga turut berkomentar, ‘’masak toh, padahal dana desa nya jateng jauuuh lbh besar dibanding jawa barat yg luaas dan penduduknya lbh banyak.’’

Reaksi yang mempertanyakan kerja pemerintah juga muncul dari warganet seperti akun @agung22reborn, ‘’Sebentar, kalau hal kaya gini aja di kerjain sama rakyat biasa, trus kerjaan wakil rakyat apa ya??? Ada yg bisa kasih tau???’’

Lalu akun @CendekiaHeart juga menuturkan, ‘’Yg gini bgusnya diusung jd kepala daerah, berani rogoh kocek utk pembangunan dan kpntingan org bnyk, disaat yg lain brjanji akn membngun dgn uang apbd atau apbn jika trpilih jd kepala daerah beliau dgn tnp jbatan rela mengeluarkn biaya pribadi, moga bnyk yg sprti bpk.’’

Lalu siapakah sosok Joko Suranto yang viral dan diperbincangkan warganet beberapa hari ini. Berikut 7 fakta dan sosoknya yang dirangkum IDN Times dari berbagai sumber.

1. Joko Suranto merupakan putra daerah Grobogan yang pernah tinggal di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung

7 Fakta Crazy Rich Grobogan Joko Suranto, Rogoh Kocek Rp 2,8 Miliar untuk Jalan RusakPembangunan betonisasi jalan rusak yang dilakukan oleh pengusaha properti sekaligus Ketua DPD REI Jawa Barat, Joko Suranto di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. (tangkapan layar Youtube/Drone Solo)

2. Joko memiliki perusahaan properti dan kini menjabat sebagai CEO Buana Kassiti Group

7 Fakta Crazy Rich Grobogan Joko Suranto, Rogoh Kocek Rp 2,8 Miliar untuk Jalan RusakCEO Buana Kassiti Group, Joko Suranto (Instagram/@arjamuktikencanaraya)

Baca Juga: Rumah Harga Rp 1 Miliaran Paling Banyak Diminati Konsumen Semarang

3. Ia pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah dan pernah menjadi Ketua Yayasan Alumni UNS

7 Fakta Crazy Rich Grobogan Joko Suranto, Rogoh Kocek Rp 2,8 Miliar untuk Jalan RusakCEO Buana Kassiti Group, Joko Suranto (Instagram/@buanakassiti)

4. Sebelum menjadi pengusaha, Joko Suranto pernah bekerja di Bank BTN dan melakoni usaha sampingan, mulai dari warteg, ayam pedaging, taplak meja, celana jeans, sampai jual beli handphone

7 Fakta Crazy Rich Grobogan Joko Suranto, Rogoh Kocek Rp 2,8 Miliar untuk Jalan RusakKetua DPD REI Jawa Barat, Joko Suranto (Youtube/Joko Suranto REI Rumah Kita)

5. Sifat dermawan Joko terbukti melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) RJD dengan membina 300 pondok pesantren di Priangan Timur (Jawa Barat) dalam pelatihan pengurusan legalitas badan hukum

7 Fakta Crazy Rich Grobogan Joko Suranto, Rogoh Kocek Rp 2,8 Miliar untuk Jalan RusakPembangunan betonisasi jalan rusak yang dilakukan oleh pengusaha properti sekaligus Ketua DPD REI Jawa Barat, Joko Suranto di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. (tangkapan layar Youtube/Drone Solo)

6. Di bawah bendera Buana Kassiti, Joko memiliki sembilan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan perumahan antara lain, Hotel Fave Garut, Tebing View Resort Lebang (Bandung), pabrik genteng Buana Roof Tile di Tasikmalaya, serta Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Buana Kassiti di Purbalingga

7 Fakta Crazy Rich Grobogan Joko Suranto, Rogoh Kocek Rp 2,8 Miliar untuk Jalan RusakCEO Buana Kassiti Group, Joko Suranto (dok. Vidio)

7. Dalam bisnis pengembang perumahan, sejak 2009 hingga sekarang Joko Suranto sudah membangun 17 proyek perumahan subsidi dan komersial di 11 kota seperti Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Subang, Kuningan, Cirebon, Banjar, Karawang, Cikampek, Cimahi, dan Bandung

7 Fakta Crazy Rich Grobogan Joko Suranto, Rogoh Kocek Rp 2,8 Miliar untuk Jalan RusakProperti yang dibangun perusahaan milik Joko Suranto, CEO Buana Kassiti Group (Instagram/@buanakassiti)

Wah, ternyata Joko Suranto tidak hanya crazy rich tetapi juga berjiwa dermawan. Semoga panjang umur kebaikan Jok Suranto.  

Baca Juga: PPN Jadi 11 Persen, Pengembang Properti Semarang Naikkan Harga Rumah 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya