719 Peti Kemas Kena Banjir Rob Semarang, Ini Rincian Keringanan Biaya

TPK Semarang akan bebaskan biaya penumpukan peti kemas

Semarang, IDN Times - Sebanyak 719 kontainer di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) terdampak banjir rob di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Melihat potensi kerugian itu, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memberikan relaksasi kepada para pengguna jasa yang terdampak banjir rob.

1. Pelanggan dibebaskan dari biaya penumpukan peti kemas

719 Peti Kemas Kena Banjir Rob Semarang, Ini Rincian Keringanan BiayaIDN Times/Dhana Kencana

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan beberapa pengguna jasa untuk membahas mengenai langkah-langkah yang akan ditempuh pascabanjir rob. Relaksasi akan diberikan baik untuk pelanggan peti kemas maupun nonpeti kemas yang terdampak langsung akibat rob yang menerjang sejak Senin (23/5/2022).

‘’Untuk pelanggan peti kemas misalnya, grup usaha di bawah perseroan yakni PT Pelindo Terminal Peti Kemas, kami akan memberikan pembebasan biaya penumpukan bagi peti kemas yang terdampak di dalam area TPK Semarang. Pembebasan biaya penumpukan diberikan selama lima hari terhitung mulai tanggal 24 Mei 2022 hingga 28 Mei 2022,’’ ungkapnya dalam keterangan resmi, Minggu (29/5/2022).

Baca Juga: Ini Penyebab dan Dampak Banjir Rob di Semarang, Salah Satunya Penurunan Tanah

2. Relaksasi juga berlaku bagi pelanggan nonpeti kemas

719 Peti Kemas Kena Banjir Rob Semarang, Ini Rincian Keringanan BiayaSuasana Terminal Peti Kemas Semarang sempat kering dari banjir rob dan beroperasi mulai 11.00 WIB, Selasa (24/5/2022). (dok. Pelindo)

Pembebasan itu, lanjut dia, termasuk juga biaya yang disebabkan peti kemas belum dapat dikirim atau keluar dari area terminal. Selain itu, juga atas biaya peti kemas yang melebihi batas waktu maksimal penerimaan di terminal (closing).

"Selain biaya penumpukan ada juga pembebasan biaya tambat kapal yang sandar pada Senin (23/5/2022) dihitung sejak estimasi keberangkatan kapal hingga realisasi keberangkatan kapal. Kami juga membebaskan biaya pergerakan tambahan untuk evakuasi peti kemas agar tidak terdampak oleh air rob," jelas Ali.

Selain bagi pelanggan peti kemas, skema relaksasi juga diberikan kepada pelanggannon peti kemas, yaitu bagi mereka yang berkegiatan di dermaga pelabuhan dalam, dermaga samudera dan dermaga nusantara. Kapal-kapal di area tersebut yang tidak dapat beroperasi karena banjir akan mendapatkan sejumlah kelonggaran biaya, yaitu biaya tambat, biaya penumpukan pada area fumigasi, biaya pindah lokasi penimbunan (PLP) dan pusat logistik berikat.

"Untuk teknis relaksasi kami akan berkomunikasi kembali secara intensif dengan para pengguna jasa," imbuhnya.

3. Air yang menggenangi pelabuhan sudah surut

719 Peti Kemas Kena Banjir Rob Semarang, Ini Rincian Keringanan BiayaKondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022) (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Sementara itu, penanganan banjir rob akibat tanggul PT Lamicitra Nusantara Tbk menunjukkan perkembangan yang cukup baik. General Manager Pelindo Cabang Tanjung Emas, Hardianto menyebut, tanggul jebol tersebut telah berhasil ditutup oleh tim gabungan pada Jumat (27/5/2022). Selanjutnya, pihaknya melakukan pemompaan air rob yang ada di dalam area pelabuhan untuk dialirkan ke kolam penampungan dan selanjutnya dibuang kembali ke laut.

"Air yang masuk lewat tanggul jebol sudah dapat dibendung dan kini air di dalam area pelabuhan telah surut," ujarnya.

Menurut Hardianto, sistem pompa yang dibangun Pelindo dapat menangani rob hingga ketinggian air pasang 130 cm. Namun, karena pada kejadian kali ini ada fenomena alam dan diperparah dengan tanggul milik swasta yang jebol, mengakibatkan sejumlah pompa Pelindo terendam air.

‘’Saat ini banjir rob di sepanjang Jalan Coaster yang merupakan jalan utama Pelabuhan Tanjung Emas sudah surut. Tidak terlihat lagi genangan tinggi yang mengganggu lalu lintas kendaraan yang akan beraktivitas di dalam terminal,’’ katanya.

Ali menambahkan, air di dalam pelabuhan telah dipompa keluar dengan pompa milik Pelindo dan BBWS. Kini aktivitas Pelabuhan Tanjung Emas sudah berangsur pulih, semua kegiatan berjalan, di terminal penumpang, dermaga nusantara, dermaga samudera dan juga TPK Semarang," pungkasnya.

Baca Juga: Jeritan Warga yang Kena Banjir Rob di Pantura Jateng, Tak Bisa Kerja Tak Ada Tempat untuk Tidur 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya