19 Tahun, Akhirnya Jemaat GITJ Dermolo Jepara Bisa Rayakan Paskah

Sebelumnya tidak ada rumah ibadah di Desa Dermolo Jepara

Jepara, IDN Times - Jemaat Gereja Injil di Tanah Jawa (GITJ) Pepanthan Dermolo Jepara, akhirnya bisa merayakan ibadah Paskah untuk kali pertama pada Minggu (4/4/2021). Pengalaman itu dirasakan setelah penantian panjang selama 19 tahun.

1. Jemaat beribadah di rumah masing-masing karena gereja lain berjarak cukup jauh

19 Tahun, Akhirnya Jemaat GITJ Dermolo Jepara Bisa Rayakan PaskahPemangku kepentingan di Desa Dermolo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara hadir dalam perayaan Paskah di Gereja Injil di Tanah Jawa (GITJ) Pepanthan Dermolo. Dok. Kesbangpol Prov Jateng.

Perayaan Paskah diadakan di Gedung Gereja GITJ Pepanthan Dermolo yang berlokasi di RT 2 RW 6 Desa Dermolo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Sebelumnya, ketiadaan rumah ibadah di desa tersebut, membuat warga harus merayakan Paskah maupun Natal di rumah-rumah jemaat maupun beribadah di gereja lain yang berjarak tempuh cukup jauh.

Gembala GITJ Pepanthan Dermolo Jepara, Pendeta (Pdt) Theofilus Tumidjan mengatakan, diizinkannya jemaat gereja untuk beribadah di gedung gereja tersebut tak lepas dari dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah. Melalui Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo membantu dalam proses perjuangan jemaat bisa menempati rumah ibadah ini.

"Pak Gubernur Ganjar adalah sosok yang sangat toleran dan memperjuangkan kebebasan beragama. Campur tangan beliau dan FKUB Jateng sangat besar hingga akhirnya kami, jemaat Dermolo, bisa beribadah di bangunan gereja yang kami perjuangkan selama 19 tahun ini," kata Theo dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Minggu (4/4/2021).

Baca Juga: Bom Makassar, 104 Gereja Salatiga Diperketat Pengamanan Jelang Paskah

2. Ganjar sampaikan semoga ini jadi kado terbaik untuk umat Kristiani

19 Tahun, Akhirnya Jemaat GITJ Dermolo Jepara Bisa Rayakan PaskahIDN Times/Dhana Kencana

Ditemui secara terpisah, Ganjar menyatakan turut berbahagia atas dibukanya rumah ibadah di GITJ Pepanthan Dermolo. Dia berharap rumah ibadah ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan jemaat.

"Mudah-mudahan ini kado terbaik yang bisa diberikan untuk umat Kristiani wabil khusus di Gereja Dermolo. Kita tunjukkan kita bisa kok menyelesaikan persoalan dengan baik, sangat toleran, kekeluargaan, dan tulus dari dalam hati. Kita mesti jaga ini terus menerus dan tularkan di beberapa tempat agar masyarakat Indonesia bisa beribadah di rumah ibadah dengan baik. Selamat paskah," pungkas Ganjar.

Seusai ibadah, jemaat menggelar silaturahmi dan perayaan Paskah Kebangsaan yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan agama.

3. GITJ Pepanthan Dermolo menjadi contoh toleransi antarumat beragama

19 Tahun, Akhirnya Jemaat GITJ Dermolo Jepara Bisa Rayakan PaskahPemangku kepentingan di Desa Dermolo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara hadir dalam perayaan Paskah di Gereja Injil di Tanah Jawa (GITJ) Pepanthan Dermolo. Dok. Kesbangpol Prov Jateng.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng, KH Taslim Sahlan mengatakan, hari ini pihaknya bersama sejumlah tokoh agama sengaja hadir untuk merayakan kebahagiaan umat Kristiani khususnya jemaat GITJ Pepanthan Dermolo. Mereka akhirnya bisa menempati rumah ibadah tersendiri. Menurutnya kehadiran rumah ibadah untuk jemaat GITJ Pepanthan Dermolo menjadi contoh toleransi antarumat beragama yang sangat layak untuk direplikasi di wilayah lain di Indonesia.

"Kami sangat senang karena di Jepara khususnya di Desa Dermolo ini masyarakatnya sangat toleran, gotong royong, saling menghormati. Toleransi yang sangat baik ini patut dijadikan contoh atau diduplikasi di tempat lain," katanya.

4. Merawat kebhinekaan dari kehadiran rumah ibadah GITJ Pepanthan Dermolo

19 Tahun, Akhirnya Jemaat GITJ Dermolo Jepara Bisa Rayakan PaskahPemangku kepentingan di Desa Dermolo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara hadir dalam perayaan Paskah di Gereja Injil di Tanah Jawa (GITJ) Pepanthan Dermolo. Dok. Kesbangpol Prov Jateng.

Apresiasi turut disampaikan Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Menurutnya turut mengapresiasi penyelenggaraan Paskah Kebangsaan yang dihadiri umat beragam agama dan dirayakan dengan penuh kesederhanaan serta menaati protokol kesehatan.

"Ini menunjukkan Jepara dengan beragamnya pemeluk agama, kerukunan itu terjadi. Tentu kami selalu berharap kedamaian, kebersamaan, kegotongroyongan. Maka kita harus bergandeng tangan bersama-sama untuk menegakkan persatuan Indonesia," katanya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah, Haerudin berharap kehadiran rumah ibadah GITJ Pepanthan Dermolo menjadi langkah awal untuk merawat kebhinekaan dan keragaman di NKRI.

"Saya berharap masyarakat bersatu-padu bergotong-royong dalam rangka membangun daerah ini tanpa harus menonjolkan perbedaan keyakinan. Perbedaan keyakinan adalah sebuah keniscayaan dan konstitusi kita menjamin itu," tandas Haerudin.

Baca Juga: Cegah Teror saat Paskah, 11 Gereja di Semarang Diberi Penjagaan Berlapis

https://www.youtube.com/embed/tKTdP72pOPw

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya