Cara Ganjar Bagi Waktu untuk Kampanye Capres dan Tugas Gubernur Jateng

Siap mundur dari gubernur jika ada conflict of interest

Semarang, IDN Times - Setelah PDI Perjuangan mengusung menjadi calon presiden (capres), Ganjar Pranowo akan melakukan kampanye keliling Indonesia untuk menarik suara konstituen. Selain itu, ia juga tetap menjalankan perannya sebagai Gubernur Provinsi Jawa Tengah.

1. Jalankan tugas sesuai aturan dan etika

Cara Ganjar Bagi Waktu untuk Kampanye Capres dan Tugas Gubernur JatengGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Lalu, bagaimana cara membagi waktu antara tugas dan perannya tersebut? Melalui wawancara eksklusif dengan IDN Times di Puri Gedeh Semarang, Rabu (26/4/2023), Ganjar mengungkapkan, ia harus tahu dengan apa yang dihadapinya itu. Ia pun berjanji akan menjalankan tugas dan peran tersebut sesuai aturan dan etika.

‘’Hingga hari ini, Rabu (26/4/2023), saya masih mengerjakan (tugas sebagai Gubernur Jateng, red). Ini hari pertama masuk setelah libur Lebaran, semua bekerja dan tidak ada urusannya dengan copras-capres. Saya kira saya harus tahu, saya di politik bukan hanya sekarang, kita ngerti aturan, kita ngerti etikanya,’’ ungkapnya.

Baca Juga: Target jadi Presiden, Ganjar Ingin Perbaiki yang Kurang dari Jokowi

2. Akan kampanye di akhir pekan

Cara Ganjar Bagi Waktu untuk Kampanye Capres dan Tugas Gubernur JatengKetua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 (dok. PDIP)

Sesuai rencana, Ganjar akan memanfaatkan waktu akhir pekan untuk melakukan kampanye di sejumlah daerah di Indonesia. Selain itu, untuk berkomunikasi ia akan memaksimalkan handphone.

‘’Mungkin weekend akan saya pakai, alat ini (handphone, red) juga akan saya pakai karena beberapa kawan dari DPD, DPC, PAC, ranting, satgas, fungsionalnya semua WA. Mas Ganjar, oke saya jawabi satu persatu dan ternyata cukup bisa mengkonsolidasikan,’’ jelas suami Siti Atiqoh itu.

Selain itu, Ganjar juga akan berkomitmen untuk menjaga soliditas partai yang mengusungnya, yakni PDI Perjuangan.

‘’Tentu betul sekali di awal, partai yang sudah mengusung saya, mendeklarasikan saya mesti solid. Maka, sudah disiapkan rakerda-rakerda nanti saya akan datang ke sana. Ditambah tentu saja Hanura kemarin mengumumkan terima kasih. Lalu, siang tadi PPP mengumumkan, kami merasa terhormat, terima kasih sekali. Mesti hubungan antar partai makin dekat, kami akan atur itu,’’ terang Ganjar.

3. Akan mundur dari gubernur

Cara Ganjar Bagi Waktu untuk Kampanye Capres dan Tugas Gubernur JatengGubernur Jateng Ganjar Pranowo menempel stiker antikorupsi ke mobil dinas pejabat Pemprov Jateng, Minggu (8/12). Humas Jateng/Slam

Adapun, imbuh dia, bukan tidak mungkin kalau conflict of interest makin tinggi ia akan mundur dari jabatan sebagai Gubernur Jateng.

‘’Ya, saya harus mundur dari gubernur. Terakhir masa jabatan 5 September 2023,’’ tandasnya.

Baca Juga: Ada 8 Rumah dan Bangunan di LHKPN 2021, Ganjar: Cuma Punya Dua

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya