Ada 8 Rumah dan Bangunan di LHKPN 2021, Ganjar: Cuma Punya Dua

Rumah di Bogor sudah dijual untuk beli yang di Sleman

Semarang, IDN Times - Ganjar Pranowo sudah memasuki masa purna tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, sejak 2013.

1. Ganjar tak punya rumah di Semarang

Ada 8 Rumah dan Bangunan di LHKPN 2021, Ganjar: Cuma Punya DuaGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (dok. Humas Pemprov Jateng)

Kegiatannya sebagai orang nomor satu di Jawa Tengah mewajibkannya rutin beraktivitas di Kota Semarang. Meski kerap mondar-mandir, ia tidak mempunyai rumah pribadi di ibu kota provinsi tersebut.

Dari catatan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), Ganjar justru memiliki rumah (tanah dan bangunan) di Sleman, Bogor, dan Purbalingga.

2. Rumah Ganjar di Bogor sudah dijual

Ada 8 Rumah dan Bangunan di LHKPN 2021, Ganjar: Cuma Punya DuaGubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Larasati Rey)

Saat wawancara eksklusif dengan IDN Times pada Rabu (26/4/2023), Ganjar mengonfirmasi kabar tersebut.

Ia justru mengaku hanya memiliki dua rumah, yakni di Sleman dan Purbalingga. Adapun, rumah yang di Bogor telah dijual untuk membeli rumah di Sleman.

“Iya (yang di Purbalingga), itu waktu saya beli, istri saya CPNS, jadi ada tanah kecil, belum sempat dibangun,” katanya.

Baca Juga: Jelang Akhir Jabatan, Ganjar Gagal Tuntaskan 4 Masalah Ini di Jateng

3. Harga rumah di Semarang mahal

Ada 8 Rumah dan Bangunan di LHKPN 2021, Ganjar: Cuma Punya Duailustrasi survei harga rumah (unsplash.com/Tierra Mallorca)

Ganjar menjelaskan, alasan dirinya tidak membeli rumah di Semarang adalah petimbangan harga rumah yang mahal.

"Mahal (harga rumah di Semarang)," akunya. 

Meski tidak memiliki rumah pribadi secara khusus, ia justru cocok tinggal di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Puri Gedeh di Jalan Gajah Mungkur Semarang.

4. Ganjar beli rumah di Yogya untuk anak

Ada 8 Rumah dan Bangunan di LHKPN 2021, Ganjar: Cuma Punya DuaGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sementara itu, untuk rumah di Sleman Ganjar mengatakan sengaja diperuntukkan untuk anak semata wayang, Muhammad Zinedine Alam Ganjar yang sedang berkuliah di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

“Di Sleman itu karena anak saya waktu itu mau sekolah (kuliah).  Terus kita ngobrol-ngobrol, sama anak saya, investasi aja Yah, sekalian.  Trus ada apartemen buat anak saya, nah kita kalau ke (Sleman, Yogya) sana bisa numpang,” ujar Ganjar.

5. Tanah dan Bangunan milik Ganjar lebih dari Rp2,5 miliar

Ada 8 Rumah dan Bangunan di LHKPN 2021, Ganjar: Cuma Punya DuaGubernur Jateng Ganjar Pranowo menekankan pentingnya bertanggung jawab dan belajar berani melaporkan LHKPN setia tahunnya. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Untuk diketahui, dalam catatan LHKPN tahun 2021, Ganjar Pranowo delapan tanah dan bangunan senilai Rp2.625.827.000 atau lebih dari Rp2,5 miliar.

Tanah dan bangunan tersebut tersebar di Kota Bogor Jawa Barat, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: Dicapreskan PDIP, Ganjar Sebut Megawati Punya Feeling Politik Luar Biasa

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya