Daftar Nomor Telepon Darurat di Semarang saat Lebaran, Catat!

Ada 10 operator dan 20 komunitas relawan siaga 24 jam

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang siap menyambut pemudik saat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. Salah satunya dengan menyiagakan petugas layanan nomor tunggal darurat Call Center 112 selama 24 jam nonstop. 

1. Layanan publik aktif mulai 19–25 April 2023

Daftar Nomor Telepon Darurat di Semarang saat Lebaran, Catat!Petugas layanan publik Call Center 112 siaga selama Lebaran di Kota Semarang (dok. Pemkot Semarang)

Layanan publik tersebut dapat mengakomodir berbagai kejadian darurat yang ada di Kota Semarang. Adapun, masyarakat dan para pemudik yang datang ke Kota Semarang dapat memanfaatkan Call Center 112 jika terjadi hal darurat.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, memastikan sejumlah layanan publik tetap aktif selama libur Lebaran yang jatuh pada tanggal 19 hingga 25 April 2023.

“Utamanya Call Center 112 sebagai punggawanya layanan darurat di Kota Semarang yang telah terintegrasi dengan perangkat daerah terkait seperti kepolisian, Dinas Kebakaran, Dinas Kesehatan, BPBD, Disperkim, PDAM, dan lainnya,” ungkapnya, Senin (17/4/2023).

Baca Juga: Persiapan Arus Mudik ke Semarang, Siagakan Posko dan 1.567 Personel Gabungan

2. Petugas siaga dalam 4 sif

Daftar Nomor Telepon Darurat di Semarang saat Lebaran, Catat!Petugas layanan publik Call Center 112 siaga selama Lebaran di Kota Semarang (dok. Pemkot Semarang)

Melalui Call Center 112, masyarakat dapat memanfaatkan untuk segala kegawatdaruratan seperti kecelakaan, kebakaran, bencana, penyelamatan, kamtibmas, dan lain-lain.

‘’Sedulur warga Kota Semarang dapat memanfaatkan nomor darurat ini secara bijak untuk menjadikan kota Semarang tetap kondusif,” tutur perempuan yang akrab disapa Ita.

Sementara, Kepala Diskominfo Kota Semarang, Soenarto menyampaikan, selama libur lebaran petugas akan berjaga selama 24 jam nonstop yang terbagi ke dalam empat sif. Call Center 112 ini memiliki komposisi 10 operator dan 20 komunitas relawan yang terdiri dari Bankom Polrestabes, Sriti, Mik Sigap, Pramuka, dan PMI.

“Salah satu keunggulan Call Center 112 di Kota Semarang adalah kami berkolaborasi dengan sejumlah komunitas relawan sehingga penanganan dapat dilakukan dengan cepat. Lalu, layanan 112 ini gratis biaya panggilan, mudah dan cepat,’’ tegasnya.

3. Layanan ambulans paling banyak diminta

Daftar Nomor Telepon Darurat di Semarang saat Lebaran, Catat!Ilustrasi pertolongan pada pasien. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Petugas dan tim Call Center 112 akan siap berkoordinasi dengan instansi serta perangkat daerah untuk mengakomodir laporan-laporan dari masyarakat.

Sementara, dari data yang dihimpun melalui sistem Call Center 112 diperoleh jumlah panggilan selama Ramadan ada 868 laporan. Lima kategori laporan tertinggi di antaranya permohonan layanan ambulans transportasi, pemeriksaan, kecelakaan dengan rata-rata 4–6 kasus per hari, layanan ambulans homecare, serta evakuasi hewan liar.

Selain Call Center 112, pemudik Kota Semarang juga dapat memanfaatkan portal mudik di https://infomudik.semarangkota.go.id/. Pada portal tersebut ada sejumlah layanan informasi seperti kanal pengaduan Sapa mbak Ita, layanan informasi PPID, jalur mudik, pantauan CCTV, posko komandi, info mudik gratis, pemesanan tiket, info wisata, info hotel dan restoran, info tempat nongkrong, serta hiburan.

Baca Juga: Hadapi Arus Mudik, Jalan Berlubang dan Rusak di Semarang Ditambal  

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya