Jaringan Listrik di Kawasan Terdampak Kebakaran TPA Jatibarang Diamankan

Agar tidak membahayakan masyarakat

Semarang, IDN Times - PLN menerjunkan petugas untuk mengamankan jaringan listrik di lokasi kebakaran TPA Jatibarang Semarang sejak Jumat (6/10/2023). Bersama tim gabungan Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD Kota Semarang, PLN melakukan lokalisir agar jaringan listrik tidak membahayakan masyarakat akibat kebakaran yang terjadi.

1. Lakukan SOP pengamanan jaringan di lokasi kebakaran

Jaringan Listrik di Kawasan Terdampak Kebakaran TPA Jatibarang DiamankanKebakaran di zona aktif TPA Jatibarang Semarang, Jumat (6/10/2023). (IDN Times/bt)

Manager PLN UP3 Semarang, Suparje Wardiyono mengatakan, pihaknya telah melakukan serangkaian Standard Operational Prosedur (SOP) pengamanan jaringan terdampak kebakaran di TPA Jatibarang.

“Sejak Jumat (06/10) kemarin, bersama Pemkot Semarang, Dinas Damkar dan BPBD Kota Semarang, PLN menerjunkan petugas untuk melakukan SOP pengamanan jaringan di sekitar lokasi kebakaran,” ungkapnya, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga: Warga Keluhkan Sesak Nafas dari Asap Kebakaran TPA Jatibarang

2. Petugas potong jumper penyulang

Jaringan Listrik di Kawasan Terdampak Kebakaran TPA Jatibarang DiamankanPetugas pemadam kebakaran memadamkan api di TPA Jatibarang Semarang, Sabtu (7/10/2023). (IDN Times/bt)

PLN melakukan pemotongan jumper penyulang (jalur) untuk mengurangi jumlah pelanggan terdampak. Sehingga sebagian penyulang tetap menyala, dengan demikian pelanggan yang rumahnya masih dalam jarak aman masih dapat menikmati listrik.

“Berkat kerja keras tim gabungan, alhamdulillah api dapat dikendalikan. Saat ini petugas PLN sedang melakukan penormalan kembali pasokan listrik. Direncanakan dalam waktu dekat seluruh jaringan listrik sudah normal,” jelasnya.

3. Pasokan listrik kembali normal

Jaringan Listrik di Kawasan Terdampak Kebakaran TPA Jatibarang DiamankanPetugas PLN (Dok. PLN)

Sementara, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan apresiasi atas partisipasi PLN dalam mengamankan kebakaran di TPA Jatibarang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pengamanan kebakaran di TPA Jatibarang. Terutama PLN yang secara sigap mengamankan jaringan listrik agar tidak membahayakan masyarakat. Saat ini api sudah dapat dikendalikan dan Alhamdulillah pasokan listrik juga sudah aman”, paparnya.

Untuk diketahui, kebakaran TPA Jatibarang terjadi karena musim kemarau ekstrem. Menurut data BPBD Kota Semarang, dalam satu bulan TPA Jatibarang sudah mengalami empat kali kebakaran di beberapa zona.

Baca Juga: TPA Jatibarang Terbakar Lagi, Kobaran Api Membesar Karena Muncul Angin Kencang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya