Kesadaran Pencegahan Penyakit Meningkat Pasca Pandemik COVID-19

Grha Prodia Semarang tingkatkan kapasitas layanan

Semarang, IDN Times - Kesadaran masyarakat melakukan pencegahan terhadap penyakit meningkat pasca pandemik COVID-19. Mereka melakukan preventif dan prediktif untuk mengetahui kondisi kesehatan melalui pemeriksaan di laboratorium klinik. 

1. Masyarakat semakin sadar lakukan pemeriksaan kesehatan

Kesadaran Pencegahan Penyakit Meningkat Pasca Pandemik COVID-19Masyarakat melakukan pemeriksaan di laboratorium klinik Grha Prodia Semarang, Sabtu (7/10/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty mengatakan, kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin meningkat sejak pandemik COVID-19 berlalu. Mereka yang pernah terpapar virus corona lebih menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan laboratorium secara rutin.

‘’Maka itu, kami sebagai pengelola laboratorium klinik selalu berinovasi dengan berbagai tes baru. Misalnya, tes PCR ini tidak hanya untuk COVID-19 tapi bisa untuk memprediksi penyakit lain. Sehingga, harapannya jika diketahui timbul suatu penyakit bisa langsung ditangani,’’ ungkapnya di sela peresmian Grha Prodia Semarang, Sabtu (7/10/2023).

Untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan, laboratorium klinik Prodia meningkatkan kapasitas layanan dengan meresmikan Grha Prodia Semarang. Kehadiran gedung laboratorium dengan lima lantai itu diharapkan dapat mempermudah masyarakat dan pelanggan dalam memperoleh layanan pemeriksaan kesehatan dengan fasilitas yang lengkap, teknologi yang canggih dan berstandar global.

“Grha Prodia Semarang hadir sebagai pusat rujukan laboratorium diagnostik sekaligus ikon layanan kesehatan masa depan di Semarang. Kami berupaya menghadirkan kenyamanan dan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Kami optimis kehadiran Prodia di tengah masyarakat Kota Semarang dapat membangun paradigma kesehatan yang berkualitas, serta dipercaya sebagai personal and precise partner untuk kesehatan masyarakat dan pelanggan.” jelas Dewi.

Baca Juga: Mengenal Hormon Leptin, Bisa Jadi Penyebab Obesitas dan Pubertas Dini

2. Prodia tawarkan pemeriksaan berbasis gen dan DNA

Kesadaran Pencegahan Penyakit Meningkat Pasca Pandemik COVID-19Masyarakat melakukan pemeriksaan di laboratorium klinik Grha Prodia Semarang, Sabtu (7/10/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Grha Prodia Semarang menawarkan ragam pemeriksaan kesehatan, mulai dari layanan pemeriksaan laboratorium hingga laanan pemeriksaan penunjang non laboratorium. Pemeriksaan laboratorium yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat seperti pemeriksaan kesehatan berkala, pemeriksaan laboratorium baik yang bersifat rutin maupun khusus. 

‘’Kami juga memiliki pemeriksaan unggulan yang belum dimiliki laboratorium klinik lainnya. Misalnya, pemeriksaan berbasis gen dan DNA. Bahkan, Prodia juga melayani BPJS Kesehatan bagi pasien yang mendapat rujukan dari fasilitas kesehatan dalam program prolanis,’’ terang Dewi. 

3. Layani pemeriksaan lewat home service dan aplikasi digital

Kesadaran Pencegahan Penyakit Meningkat Pasca Pandemik COVID-19Laboratorium klinik Prodia meresmikan Grha Prodia Semarang, Sabtu (7/10/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter umum dan spesialis. Kemudian, bisa melakukan pemeriksaan penunjang non laboratorium seperti pemeriksaan elektrokardiologi (EKG), radiologi, ultrasonografi (USG), fasilitas treadmill, spirometri, serta audiometri. Prodia juga menyediakan fasilitas layanan vaksinasi untuk setiap tahapan usia.

Kepala Cabang Prodia Semarang, Chyntia Resti Wijaya mengatakan, masyarakat bisa mengakses 200–300 pemeriksaan di cabang Semarang. Layanan ini ditawarkan agar pengelolaan kesehatan bagi pasien menjadi lebih baik.

‘’Dengan adanya Grha Prodia ini kapasitas layanan kami juga meningkat. Kami bisa melayani 500 pasien per hari dan 50 pasien di waktu yang sama pada pemeriksaan secara kolektif. Pengembangan jumlah kapasitas dan kualitas teknologi ini kami berikan berdasarkan perkembangan dan kebutuhan pasar,’’ katanya.

Sementara, untuk menunjang kebutuhan pemeriksaan laboratorium pelanggan agar lebih efisien, Prodia Semarang menyediakan layanan Home Service untuk pengambilan darah baik di rumah maupun tempat kerja. Pelanggan juga dapat mengakses layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi digital U by Prodia untuk melakukan pemesanan pemeriksaan kesehatan, pembayaran yang aman, dan memperoleh hasil pemeriksaan secara mudah.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem di Semarang, Waspada ISPA dan Penyakit Diabetes

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya