Kisah Iptu Umbaran Wibowo, Wartawan TV yang Jadi Kapolsek di Blora

Punya sertifikasi wartawan Dewan Pers tingkat Madya juga

Blora, IDN Times - Ada yang menarik dalam serah terima jabatan pejabat utama dan kapolsek di Polres Blora, Senin (12/12/2022). Pasalnya, ada salah satu Kapolsek yang dilantik oleh Kapolres Blora AKBP Fahrurozi adalah salah satu mantan kontributor televisi nasional, TVRI.

1. Terdaftar di PWI Kabupaten Blora

Kisah Iptu Umbaran Wibowo, Wartawan TV yang Jadi Kapolsek di BloraIptu Umbaran Wibowo (Dok. Polres Blora)

Dia adalah Iptu Umbaran Wibowo yang dilantik menjadi Kapolsek Kradenan. Iptu Umbaran Wibowo sebelumnya dikenal sebagai seorang wartawan TVRI.

Selama menjadi kontributor di televisi nasional tersebut, Umbaran Wibowo juga terdaftar anggota di salah satu organisasi pers Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora. Bahkan dirinya juga mengikuti ujian kompetensi yang diadakan oleh Dewan Pers hingga tingkat Madya.

Namun, karena saat ini telah menjadi seorang perwira polri yang mempunyai jabatan, dirinya mengaku sudah melepaskan profesinya sebagai seorang jurnalis.

"Mutasi Itu wajar untuk penyegaran dan mendongkrak kinerja anggota. Terkait saya dulu pernah aktif di jurnalistik, itu adalah bagian dari pelaksanaan tugas dan perintah pimpinan," katanya.

Baca Juga: 4 Foto Jurnalis IDN Times Masuk Koleksi Ocean Visuals Internasional

2. Mutasi hal lumrah di Polri

Kisah Iptu Umbaran Wibowo, Wartawan TV yang Jadi Kapolsek di BloraDok. Polres Blora

Sementara itu, Kapolres Blora, AKBP Fahrurozi, dalam amanatnya saat serah terima jabatan menyatakan, bahwa mutasi di lingkungan Polri adalah suatu hal yang biasa yaitu untuk penyegaran dan pengembangan karier dari anggota.

"Kami ucapkan selamat jalan kepada pejabat yang mutasi keluar Polres Blora yaitu bapak Kompol Bambang Sugito dan AKP Sumaryono semoga sukses ditempat yang baru. Dan kepada pejabat yang baru masuk yaitu Kompol Slamet yang dulu pernah bertugas di Polres Blora. Selamat datang kembali ke Blora dan segera menyesuaikan," ujarnya.

Adapun jabatan yang diserah terimakan salah satunya adalah Pejabat Lama Kapolsek Kradenan AKP Lilik Eko Sukaryono, SH, MH yang digantikan Oleh Iptu Umbaran Wibowo, SH yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolsek Blora.

3. Anggota diminta menjaga kekompakan

Kisah Iptu Umbaran Wibowo, Wartawan TV yang Jadi Kapolsek di BloraDok. Polres Blora

Fahrurozi berpesan di mana pun bertugas agar seluruh anggota Polri melaksanakan tugas dengan semangat dan dilandasi dengan integritas dan moral yang baik.

Kemudian menyikapi perkembangan situasi menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, mantan Kapolres Purworejo itu berpesan kepada seluruh anggota untuk selalu menjaga kekompakan dan kesehatan. Karena pada bulan November--Desember 2022, banyak kegiatan yang harus diamankan seperti rangkaian kegiatan hari Jadi Blora yang akan dilanjutkan pengamanan Nataru.

"Tetap jaga kekompakan dan jaga kesehatan, serta keselalu jalin sinergitas dalam melaksanakan tugas. Ke depan tugas semakin banyak apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru 2023," pungkas Fahrurozi.

Baca Juga: 3 Tools Google untuk Jurnalis Meliput Isu Lingkungan, Gratis!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya