4 Foto Jurnalis IDN Times Masuk Koleksi Ocean Visuals Internasional

Terpilih dari ribuan karya fotografer dari seluruh Dunia

Semarang, IDN Times - Sebanyak empat karya foto jurnalis IDN Times, Dhana Kencana terpilih masuk ke dalam koleksi 93 foto Ocean Visuals, menjelang perhelatan Konferensi Para Pihak (Conferences of the Parties) untuk perubahan iklim ke-27 atau COP27 yang diadakan di Sharm el-Sheikh, Mesir, pada 6--18 November 2022.

1. Inisiasi Climate Outreach dari Inggris

4 Foto Jurnalis IDN Times Masuk Koleksi Ocean Visuals InternasionalIDN Times/Dhana Kencana

Koleksi Ocean Visuals berskala internasional tersebut diinisiasi oleh Climate Visuals, berkolaborasi dengan Communications Inc. Adapun, Climate Visuals merupakan salah satu proyek Climate Outreach--sebuah badan amal terdaftar di Inggris yang didirikan tahun 2004 yang mendedikasikan diri untuk membantu dalam mengomunikasikan perubahan iklim--.

Koleksi foto Ocean Visuals adalah kumpulan foto berbasis bukti nyata mengenai dampak dan beragam cerita tentang laut, pesisir, dan iklim. Koleksi 93 foto tersebut--termasuk karya foto Dhana--bisa diakses dan digunakan secara gratis oleh media, jurnalis, organisasi nirlaba, atau para pendidik untuk dukungan artikel dan sarana komunikasi lainnya, melalui laman resmi Climate Visuals.

"Koleksi (Ocean Viisuals) menjadi sarana komunikasi sehingga cerita mengenai lautan dan sekitarnya bisa lebih berdampak dalam skala Global," kata Pemimpin Program Climate Visuals, Toby Smith dilansir laman resminya, Minggu (6/11/2022).

Baca Juga: Jurnalis IDN Times Pembicara Konferensi Global #Interconnected22 di AS

2. Terpilih melalui open call 7 juri independen

4 Foto Jurnalis IDN Times Masuk Koleksi Ocean Visuals InternasionalKeempat karya foto (kiri bawah, kedua kiri atas, kedua kanan tengah, dan kanan bawah) jurnalis IDN Times, Dhana Kencana yang terpilih dalam open call Ocean Visuals berskala Global (IDN TImes/Bandot Arywono)

Keempat karya foto Dhana yang masuk koleksi 93 Ocean Visuals bercerita mengenai masyarakat pesisir Demak, Jawa Tengah yang harus menghadapi ganasnya kenaikan air laut akibat perubahan iklim. Karya foto tersebut berhasil dipilih oleh tujuh juri independen melalui open call (panggilan terbuka) berskala global, selama 14 hari atau sejak 1--14 September 2022.

Juri-juri tersebut antara lain Hoda Baraka, Tahnee Burgess, Wacera F, Cara Finnegan, Allegra Cordero di Montezemolo, Preskod Jameisha, dan Tides. Mereka memilih dan memasukkan empat karya foto Dhana ke dalam koleksi Ocean Visuals dari ribuan karya fotografer yang berasal dari 102 negara, yang berpartisipasi dalam open call tersebut.

"Juri independen kami telah membuat bersama, memprioritaskan nilai dan etika untuk hanya memilih foto yang mampu merefleksikannya dengan terbaik," ujar Toby.

Untuk diketahui, pada tahun 2021, dua karya foto Dhana ikut dipilih juri dalam sebuah open call yang juga diadakan oleh Climate Visuals. Kala itu, dua karya foto Dhana dipamerkan saat COP26 di Glasgow, Skotlandia.

3. Laut memegang peranan penting dalam iklim

4 Foto Jurnalis IDN Times Masuk Koleksi Ocean Visuals InternasionalIDN Times/Dhana Kencana

Koleksi Ocean Visuals berisi foto-foto dengan pedoman ketat mengenai etika, nilai, dan manipulasi gambar. Hal-hal tersebut dikombinasikan dengan delapan prinsip fotografi Ocean Visuals, yang berdasarkan pada bukti sains dan penelitian.

Dengan demikian, dapat meningkatkan sarana komunikasi visual saat pelaksanaan COP27 yang salah satunya menitikberatkan pada lautan atau dijuluki Super Year for The Ocean dan untuk kegiatan UN Decade of Ocean Science.

Sebab, laut memegang peranan penting mengatur iklim karena kemampuannya melindungi manusia dari dampak terburuk perubahan iklim. Meskipun demikian, hubungan antara iklim dan lautan tidak dipahami secara umum, dibicarakan, atau diintegrasikan ke dalam bentuk, bagaimana cara manusia mengatasi krisis iklim.

"Koleksi Ocean Visuals berfungsi untuk menggabungkan laut dengan sesuatu yang lebih baik dan menjadi inklusif dari beragam pengalaman masyarakat pesisir, termasuk muara, sungai, saluran air pedalaman, perkotaan, pedesaan dan lingkungan terpencil, ke dalam komunikasi visual Global tentang iklim," ujar Toby.

Baca Juga: 2 Foto Jurnalis IDN Times Dipamerkan di COP26 Glasgow

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya