Comscore Tracker

Kronologi Penangkapan Pengacara Yosep Parera oleh KPK di Semarang 

Kena OTT KPK karena kasus suap hakim MA 

Semarang, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap pengacara kondang Semarang, Yosep Parera dalam operasi tangkap tangan (OTT) atas kasus suap Hakim Mahkamah Agung (MA) di kantor firma hukum miliknya di Jalan Semarang Indah Blok D, Kota Semarang, Kamis (22/9/2022) Siang. 

1. Penangkapan Yosep Parera terjadi siang hari

Kronologi Penangkapan Pengacara Yosep Parera oleh KPK di Semarang Suasana kantor Law Firm Yosep Parera di Jalan Semarang Indah Blok D, Kota Semarang, Jumat (23/9/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Ketua RT 5 RW 9, Kelurahan Tawang Mas, Kecamatan Semarang Barat, Hiendrasyah membeberkan kronologis penangkapan tersebut kepada awak media, Jumat (23/9/2022).

Saat ditemui IDN Times, pria berusia 62 tahun itu mengungkapkan, penangkapan Yosep Parera di kantornya diketahui oleh petugas keamanan kompleks perumahan tersebut. Kemudian, Hiendrasyah mendapat informasi dari petugas keamanan.

‘’Saya pulang ke rumah setelah ada bekerja sekitar pukul 12.00 WIB. Di sini (sekitar rumah dan kantor Yosep Parera) sudah banyak polisi berpakaian preman. Saya tanya ada kegiatan apa, mereka gak bilang,’’ ungkapnya.

Baca Juga: Kantor Yosep Parera di Semarang Tetap Operasi Pasca Kena OTT KPK

2. Yosep Parera dijemput lima mobil

Kronologi Penangkapan Pengacara Yosep Parera oleh KPK di Semarang Staf pengacara di Law Firm Yosep Parera, Muhammad Amal Lutfiansyah menemui wartawan di kantor Jalan Semarang Indah Blok D, Kota Semarang, Jumat (23/9/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Menurut pria yang akrab disapa Hien itu, ada lima mobil yang menjemput Yosep Parera di kantornya. Mereka tersebar, ada yang singgah di pos satpam dan ada juga yang menjaga di pintu gerbang perumahan.

‘’Kata satpam, para polisi itu sudah datang sejak pukul 12.00 WIB. Setelah Pak Yosep dibawa, saya tanya ke anak buahnya di kantor, kata mereka mau ke rumah sakit,’’ katanya.

Hien baru mengetahui kalau Yosep Parera ditangkap KPK pada Kamis (22/9/2022) Malam. Proses penangkapan itu tidak lama, menurutnya tak lama, hanya sekitar 15 menit.

3. Kantor hukum Yosep Parera masih beroperasi

Kronologi Penangkapan Pengacara Yosep Parera oleh KPK di Semarang Suasana kantor Law Firm Yosep Parera di Jalan Semarang Indah Blok D, Kota Semarang, Jumat (23/9/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Terpisah, salah satu staf pengacara di Law Firm Yosep Parera, Muhammad Amal Lutfiansyah membenarkan jika Yosep Parera kena OTT KPK kemarin, Kamis (22/9/2022) siang. Namun, ia belum bisa berkomentar lebih lanjut terkait kasus yang menjerat Yosep Parera.

"Memang benar dan sudah ada keterangan juga dari pihak-pihak yang melakukan giat OTT KPK kemarin,’’ tuturnya.

Baca Juga: Profil 2 Pengacara yang Kena OTT KPK di Semarang, Bantu Lobi ke MA

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya