Lagi, Pemkot Surakarta Siapkan Solo Technopark untuk Karantina Pemudik

Benteng Vastenburg untuk karantina pelanggar prokes COVID-19

Surakarta, IDN Times - Selain akan memanfaatkan Benteng Vastenburg, Pemerintah Kota Surakarta juga bakal menggunakan Solo Technopark untuk lokasi karantina pendatang yang nekat liburan saat Natal dan Tahun Baru 2021 mendatang.

1. Pemkot Solo siapkan 2 lokasi untuk karantina pemudik saat Natal dan Tahun Baru 2021

Lagi, Pemkot Surakarta Siapkan Solo Technopark untuk Karantina PemudikDok. Humas Pemkot Solo

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, ada 2 tempat yang disiapkan pihaknya untuk tempat karantina pendatang atau pemudik di Solo.

"Pada saat itu kan saya bilang kalau kami siapkan dua tempat, satu di Benteng Vastenburg dan satu lagi masih kami rahasiakan. Ternyata setelah dicek di benteng, atap pintu masuknya mau lepas sehingga harus diperbaiki dulu," ungkapnya melansir Antara, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga: Wali Kota dan Sekda Solo Jalani Isolasi Mandiri, Kena Virus Corona?

2. Ruangan berkapasitas 60 orang disiapkan di Solo Technopark

Lagi, Pemkot Surakarta Siapkan Solo Technopark untuk Karantina PemudikIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Pemkot Surakarta menyiapkan sebuah ruangan di Solo Technopark berkapasitas 60 orang. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ruangan yang digunakan karantina bakal diperlebar jika jumlah pemudik makin banyak.

Adapun, karantina kepada pendatang yang nekat datang ke Solo ini berlangsung dari tanggal 15 Desember sampai 21 Januari. Alasannya, yakni untuk mencegah lonjakan kasus positif COVID-19 di kota tersebut.

3. Bukti tes rapid maupun swab tidak berlaku saat masuk ke Solo

Lagi, Pemkot Surakarta Siapkan Solo Technopark untuk Karantina PemudikRapid tes pekerja media di LKBN Antara (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Rudy menegaskan, meski pemudik sudah melengkapi hasil tes cepat dan tes usap, syarat tersebut tidak berlaku dan digunakan. Sebab, pemudik bisa terkena virus dari mana pun.

"Saya ke Jakarta juga swab-nya nggak berlaku. Swab dan rapid bukan sesuatu upaya untuk bisa mudik. Virus ini kan terjadi di mana pun, kapan pun, dan pada siapa pun," tegasnya.

Sama dengan pada saat Lebaran, lanjut Rudy, untuk memastikan keberadaan pemudik Pemkot Solo akan berkoordinasi dengan pihak terkait diantaranya terminal, stasiun, dan bandara.

‘’Nanti kami yang akan menjemput para pemudik dengan kendaraan yang sudah disediakan," ucapnya.

4. Benteng Vastenburg difokuskan untuk karantina para pelanggar protokol kesehatan virus corona

Lagi, Pemkot Surakarta Siapkan Solo Technopark untuk Karantina Pemudikbrobali.com

Sementara itu, Benteng Vastenburg nantinya, tambah Rudy, akan digunakan karantina bagi warga yang melanggar protokol kesehatan.

"Benteng kami manfaatkan untuk karantina sehari bagi pelanggar protokol kesehatan, tenda kami pasang di sana, satu untuk berteduh saat istirahat makan, itu yang kami siapkan. Selain itu nantinya mereka membersihkan parit di benteng Vastenburg," tandasnya.

Baca Juga: Nekat Mudik ke Solo, Siap-siap Karantina di Benteng Vastenburg

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya