Lokasi Vaksin COVID-19 Booster Kedua di Semarang, Tersedia Pfizer dan Indovac 

Bisa daftar onsite atau online di victori.semarangkota.go.id

Semarang, IDN Times - Pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas mulai dibuka, Selasa (24/1/2023). Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka layanan tersebut di sejumlah lokasi di Ibu Kota Jawa Tengah.

1. Dinkes Semarang buka layanan vaksinasi booster kedua

Kabar tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi Dinas Kesehatan Kota Semarang @dkksemarang.

‘’Monggo bagi para sedulur yang berusia 18+ sudah bisa mendapatkan booster kedua, segera ambil kupon lewat victori.semarangkota.go.id/info. Segera lengkapi dosis vaksinasimu.’’

Adapun, masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi keempat dengan syarat di antaranya, berusia 18 tahun keatas, berjarak enam bulan setelah mendapatkan dosis ketiga atau booster pertama. Vaksin booster kedua bisa didapatkan masyarakat umum yang telah melakukan vaksinasi booster pertama tanpa perlu menunggu e-tiket di PeduliLindungi.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Kembali Tersedia di Semarang, Cek Lokasi Vaksinasi

2. Daftar lokasi layanan vaksinasi COVID-19 keempat

Lokasi Vaksin COVID-19 Booster Kedua di Semarang, Tersedia Pfizer dan Indovac ilustrasi vaksin Pfizer (ANTARA FOTO/Fauzan)

Kemudian, pencatatan dilakukan secara manual, sambil menunggu sistem Pcare dan PeduliLindungi disiapkan. Lalu, vaksin yang digunakan telah mendapatkan Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau EUA dari BPOM dan memperhatikan vaksin yang ada.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, pelayanan vaksinasi dosis keempat atau booster kedua sudah dibuka untuk masyarakat umum mulai hari ini.

‘’Kami buka layanan di 37 puskesmas. Selain itu, juga di lobi Balai Kota Semarang pada 24–27 Januari 2023 mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Adapun, kami menyediakan 100 dosis vaksin Pfizer dan Indovac bagi masyarakat yang melakukan vaksinasi,’’ ungkapnya, Selasa (24/1/2023).

3. PSC 119 layani vaksinasi hingga di atas pukul 21.00 WIB

Lokasi Vaksin COVID-19 Booster Kedua di Semarang, Tersedia Pfizer dan Indovac Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi booster COVID-19 di Puskesmas (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Di samping lokasi tersebut, pelayanan vaksinasi juga dibuka di Public Safety Centre (PSC) 119 yang terletak di sebelah Puskesmas Manyaran, Semarang. PSC 119 akan melayani masyarakat untuk vaksinasi hingga di atas pukul 21.00 WIB.

‘’Bagi yang tidak sempat vaksin di Pagi atau Siang hari bisa ke PSC 119 karena ada petugas yang stand by di sana,’’ ujar Hakam.

Sementara, untuk stok dan jenis vaksin saat ini yang tersedia, yaitu 4.566 vaksin Pfizer dan 530 vaksin Indovac.

Baca Juga: Stok Menipis, Vaksinasi COVID-19 di Semarang Hanya Dilayani di 2 Lokasi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya