Muncul Klaster Pondok Pesantren di Cilacap, 88 Santri Positif COVID-19

147 santri jalani tes swab PCR

Cilacap, IDN Times - Klaster pondok pesantren (ponpes) muncul di Kabupaten Cilacap. Sebanyak 88 santri di salah satu ponpes di Desa Majenang Kabupaten Cilacap Jawa Tengah terkonfirmasi positif COVID-19. 

1. Sebanyak 147 santri jalani tes swab di ponpes Majenang Cilacap

Muncul Klaster Pondok Pesantren di Cilacap, 88 Santri Positif COVID-19Ilustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Fauzan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Pramesti Griana Dewi mengatakan, dari hasil tes swab PCR kepada 147 santri ternyata 88 santri terkonfirmasi positif COVID-19.

“Dari hasil tes swab pertama ada 88 santri yang positif. Sedangkan, 54 santri terkonfirmasi negatif dan 5 santri lainnya sedang menunggu hasil tes,’’ ungkapnya melansir dari Serayunews.com, Senin (18/1/2020).

Baca Juga: Jalani Isolasi, Beredar Hoaks Bupati Cilacap Makin Parah karena COVID-19 

2. Ponpes yang terpapar COVID-19 langsung disterilisasi

Muncul Klaster Pondok Pesantren di Cilacap, 88 Santri Positif COVID-19Cegah Penyebaran Corona,Dewan Masjid Indonesia (DMI) Semprot 10.000 Masjid di Indonesia dengan Disinfekstan (Dok. Dewan Masjid Indonesia)

Kemudian, ada 10 santri yang harus melakukan tes swab ulang. Adapun, saat ini sesuai Peraturan Bupati Nomor 126 untuk mengurangi penyebaran virus corona di ponpes dilakukan penyemprotan desinfektan masif dan sterilisasi selama dua kali 24 jam.

“Kasus positif di ponpes ini baru pertama kali ini. Sebelumnya, di sini belum pernah terpapar COVID-19. Kami telah melakukan sterilisasi juga sesuai Perbup No 126,’’ tuturnya.

3. Santri yang positif COVID-19 melakukan isolasi di ruang kelas ponpes

Muncul Klaster Pondok Pesantren di Cilacap, 88 Santri Positif COVID-19IDN Times/Galih Persiana

Sementara itu, Camat Majenang ,Iskandar Zulkarnain mengatakan, santri yang terkonfirmasi positif kini menjalani isolasi di ruang kelas komplek pondok pesantren.

“Santri menjalani isolasi di ruang-ruang kelas di ponpes tersebut. Kami juga sudah menyiapkan dua gelanggang olahraga (GOR) untuk tempat isololasi. Pada prinsipnya kami siap menghadapi dinamika yang ada saat ini,” tandasnya.

Baca Juga: Cilacap Kembali Terendam Banjir, 2.318 Keluarga Terdampak 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya