Pemkot Semarang Bersiap Terapkan PSBB, Sudah Ancang-ancang

Termasuk menghitung biaya dan komunikasi antardaerah

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang mulai melakukan komunikasi terkait rencana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan beberapa pemerintah daerah yang berbatasan langsung dengan ibu kota Jawa Tengah tersebut. Selain itu, Pemkot Semarang juga mulai melakukan perhitungan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat jika PSBB jadi terealisasi.

1. Pemkot Semarang koordinasi dengan pemda yang berbatasan

Pemkot Semarang Bersiap Terapkan PSBB, Sudah Ancang-ancangDok. Humas Pemkot Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah bupati di daerah yang berbatasan dengan Kota Semarang. 

‘’Penerapan PSBB ini memang terlihat gampang, namun nyatanya akan susah diterapkan karena wilayah kita berbatasan dengan wilayah lain. Misalnya, dengan Demak, Kendal, Grobogan dan lainnya,’’ ungkapnya melalui rekaman resmi yang diterima IDN Times, Rabu (22/4)

Baca Juga: Semarang Zona Merah COVID-19, Ganjar Beri Kode ke Hendi Soal PSBB

2. Sejumlah daerah memiliki pandangan yang berbeda terkait PSBB

Pemkot Semarang Bersiap Terapkan PSBB, Sudah Ancang-ancangDok. Humas Pemprov Jateng

Menurutnya untuk membahas terkait rencana penerapan PSBB, perlu ada pertemuan secara intensif antara para kepala daerah yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Saat ini Pemkot Semarang tengah merumuskan dan mendiskusikan rencana PSBB secara serius dengan para kepala daerah lain. 

‘’Saya sudah telepon Bupati Demak. Prinsipnya Demak siap. Dengan Grobogan juga sudah, tapi bupati minta kalau bisa dihitung ulang kalau tidak PSBB seperti apa. Selain itu, masih ada beberapa pandangan dari daerah lainnya, sehingga memang perlu pertemuan secara intensif,’’ jelasnya.

Kendati demikian, untuk Pemkot Semarang sendiri saat ini sudah melakukan perhitungan. Sehingga, jika ke depan memang harus diterapkan PSBB di Kota Semarang sudah siap.

3. Pemkot Semarang mulai menghitung kebutuhan masyarakat

Pemkot Semarang Bersiap Terapkan PSBB, Sudah Ancang-ancangJalan Pemuda tampak lenggang karena pemberlakuan penutupan jalan di Semarang. Dok. Humas Pemkot Semarang

Hendi menyampaikan, dalam kondisi tersebut pemerintah harus bisa mencukupi kebutuhan warganya, meskipun ada pola pergeseran beberapa anggaran.

‘’Kami sudah mengumpulkan para organisasi pemerintah daerah (OPD) untuk membahas rasionalisasi. Lewat Bappeda mereka akan mengumpulkan program yang akan diusulkan terkait rasionalisasi,’’ tandasnya. 

Baca Juga: 4 Aturan yang Wajib Ditaati Warga Tegal saat Penerapan PSBB

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya