Pengusaha Truk Semarang Keluhkan Jalan Akses ke Pelabuhan Tanjung Emas

Truk kerap menerjang banjir pelabuhan

Semarang, IDN Times - Pengusaha truk mengeluhkan akses jalan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Kondisi jalan kurang mulus dan banjir saat musim hujan tiba.

1. Jalan pelabuhan belum memadai

Pengusaha Truk Semarang Keluhkan Jalan Akses ke Pelabuhan Tanjung EmasJalan akses Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Tanjung Emas Semarang, Supriyono mengatakan, jalan akses masuk Pelabuhan Tanjung Emas Semarang belum memadai. Sebab, sudah bertahun-tahun belum mendapat perhatian.

‘’Kalau jalan akses masuk pelabuhan perlu mendapat perhatian. Tepatnya di Jalan Usman Janatin, pintu masuk lewat Pos IV itu rusak. Sudah bertahun-tahun nggak ada yang memperhatikan,’’ ungkapnya kepada IDN Times, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga: Sambut Pemudik di Jateng, Kemantapan Jalan Nasional Capai 94,31 Persen

2. Musim hujan jalanan kena banjir

Pengusaha Truk Semarang Keluhkan Jalan Akses ke Pelabuhan Tanjung EmasPara pekerja di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pulang menembus banjir rob. (Antara/Aji Styawan)

Dalam pantauan IDN Times, Sabtu (12/5/2023), di kawasan tersebut memang tampak jalan tidak rata. Ada yang terbuat dari paving, aspal dan beton. Jalan-jalan berlubang ditutup dengan aspal. Kendati demikian, kondisi jalan rusak meskipun tidak begitu parah.

Supriyono menuturkan, pihaknya selalu mengalami kendala jika musim hujan tiba dan banjir datang. Sebab, kawasan tersebut belum ditinggikan sehingga truk yang lewat pasti terendam banjir dan juga rob.

3. Truk jadi sering rusak

Pengusaha Truk Semarang Keluhkan Jalan Akses ke Pelabuhan Tanjung EmasJalan akses Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

‘’Kami tidak tahu itu tanggung jawab siapa, provinsi atau kota. Dampaknya, jika hujan dan banjir truk menjadi rusak karena tergenang air. Yang sering rusak itu gardan, rem dan per cepat jebol. Namun, mau tidak mau kami sering lewat situ,’’ jelasnya.

Sementara, terkait infrastruktur jalan di Jawa Tengah sejauh ini menurut pengusaha truk sudah bagus.

‘’Jalan-jalan di Magelang, Solo sudah bagus karena truk kami kan memang lewatnya jalan besar kelas 1. Sejauh ini tidak ada masalah. Namun, kalau jalan masuk masuk kami tidak lewat. Selama ini jalan yang sering kami lewati tidak ada masalah, meskipun rusak langsung diperbaiki,’’ tandasnya.

Baca Juga: Rusak Parah, Jalan Provinsi di 4 Daerah Jateng Butuh Perbaikan Secepatnya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya