Perangi Corona, Kader PDIP Kota Semarang Sumbangkan 100 Persen Gaji 

Akan diberikan minimal selama 3 bulan

Semarang, IDN Times - Seluruh kader PDI Perjuangan di Kota Semarang akan memberikan gajinya untuk memerangi virus corona (COVID-19) di Jawa Tengah. Para kader yang mayoritas menduduki jabatan strategis itu akan menyumbangkan 100 persen gaji, minimal untuk 3 bulan ke depan. 

Baca Juga: COVID-19 Meluas, Jam Operasional Bandara Ahmad Yani Semarang Dibatasi

1. Sebagai dharma bakti dan solidaritas pada masyarakat

Perangi Corona, Kader PDIP Kota Semarang Sumbangkan 100 Persen Gaji PDIP daftarkan bacaleg ke KPU (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Keputusan itu disampaikan Ketua PDI Perjuangan Kota Semarang Hendrar Prihadi kepada jajaran pengurus partai, Minggu (5/4). 

"Pemberian 100 persen gaji ini sebagai dharma bakti dan solidaritas PDIP Kota Semarang kepada masyarakat yang saat ini terkena dampak penyebaran virus corona baik dari sisi medis juga ekonomi," ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Minggu (5/4). 

Baca Juga: Virus Corona, Bacalon Wali Kota Semarang Legawa Pilkada 2020 Ditunda

2. Sebanyak 21 kader mengikhlaskan gajinya untuk disumbangkan

Perangi Corona, Kader PDIP Kota Semarang Sumbangkan 100 Persen Gaji Ilustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Diketahui, kader PDIP  sendiri sekarang mendominasi sejumlah jabatan strategis di Kota Semarang. Dari total 21 kader, yang sepakat mengikhlaskan gajinya untuk penanganan COVID-19 terdiri atas 2 kader di eksekutif dan 19 kader di legislatif. 

Mereka yang akan menyumbangkan gaji seluruh gajinya antara lain Ketua PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang menduduki posisi Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Semarang, Kadarlusman (Ketua DPRD Kota Semarang), Fajar Rinawan (Ketua Komisi A), Joko Susilo (Ketua Komisi B)  Rukiyanto (Ketua Komisi), dan Rahmulyo (Wakil Ketua Komisi D). 

3. Gaji 3 bulan atau lebih akan diberikan untuk penanganan corona

Perangi Corona, Kader PDIP Kota Semarang Sumbangkan 100 Persen Gaji Ilustrasi sampel yang diambil untuk diuji - Pexels/Anna Shvets

Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi menjelaskan, pemberian seluruh gaji untuk penanganan COVID-19 ditetapkan minimal untuk 3 bulan ke depan. Hal tersebut merupakan inisiatif para pihak di DPC PDI Perjuangan Kota Semarang dan telah dikomunikasikan dengan pimpinan-pimpinan partai di tingkat atas. 

"Kami mengikhlaskan gaji untuk tiga bulan ke depan, tapi kalau nanti persoalan COVID-19 lebih dari tiga bulan, teman - teman juga sudah siap untuk terus menyerahkan gajinya," katanya. 

4. Bantu penyediaan masker dan APD di rumah sakit dan sembako

Perangi Corona, Kader PDIP Kota Semarang Sumbangkan 100 Persen Gaji Molaytactical.com

Secara teknis, bantuan dari gaji yang diserahkan kader partainya itu akan dikoordinir oleh Wakil Ketua PDI Perjuangan Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) yang juga bertindak sebagai Ketua Tim Penanganan COVID-19 PDIP Kota Semarang.

"Kami membentuk tim yang diketuai oleh Bu Ita dan Bu Trifena anggota Fraksi PDI Perjuangan Kota Semarang. Mereka mulai mengumpulkan gaji hingga menjaga kerja tim tersebut agar transparan dan profesional," jelasnya. 

Sesuai rencana, gaji dari kader PDIP tersebut akan digunakan untuk banyak hal. Misalnya, menyediakan masker dan APD untuk rumah sakit yang membutuhkan, juga untuk masyarakat secara konkrit dengan bantuan sembako dan sebagainya. 

Baca Juga: 24 Anggota DPRD Jawa Tengah Donasikan Gaji Bulanan untuk Aksi COVID-19

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya