PLN Amankan Listrik 11 Lokasi ETWG G20 di Jateng dan DI Yogyakarta 

Siapkan pasokan listrik 6.772 mega watt 

Semarang, IDN Times - Penyelenggaraan acara Energy Transition Working Group (ETWG) G20 akan digelar di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bulan Maret--Juli 2022. Untuk mengamankan kegiatan itu, PLN menjamin keandalan pasokan listrik tanpa padam atau zero down time

1. PLN memasok listik dari 2 gardu induk

PLN Amankan Listrik 11 Lokasi ETWG G20 di Jateng dan DI Yogyakarta Ilustrasi Gardu Induk/Media Umat

Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali PLN, Haryanto WS mengatakan, pihaknya mengamankan listrik berlapis di beberapa lokasi penting saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tersebut. 

"Untuk memastikan kelancaran acara G20, kami memasok listrik di lokasi-lokasi tersebut dari dua Gardu Induk. Kemudian, PLN juga menyiapkan cadangan pasokan menggunakan Automatic Change-Over (ACO), apabila pasokan utama mengalami gangguan, akan segera dipindahkan ke sumber listrik cadangan," ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (21/3/2022).

Adapun, 11 lokasi prioritas pengamanan kelistrikan untuk acara G20 di antaranya New Yogyakarta International Airport, Bandara Adi Soemarmo, Hotel Royal Ambarrukmo, Hotel Tentrem, Hotel Sheraton, Hotel JW Marriot, Hotel Alila, Hotel Manohara, Keraton Yogyakarta, Pura Mangkunegaran, De’ Tjolomadoe, dan Candi Prambanan.

Baca Juga: Kampanyekan Electrifying Lifestyle, Warga Solo Pakai Kompor Induksi  

2. Sebanyak 4.881 personel PLN siaga

PLN Amankan Listrik 11 Lokasi ETWG G20 di Jateng dan DI Yogyakarta Apel siaga keandalan kelistrikan KTT G20 pada Selasa, (15/3/2022) lalu di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta. (dok. PLN UID Jateng dan DIY)

Sebagai rencana cadangan, PLN juga menyiapkan sebanyak 155 peralatan tambahan terdiri dari 30 Unit UGB (Unit Gardu Berjalan), 103 Unit UPS (Uninterrutible Power Supply), 19 unit Genset dan 3 unit UKB (Unit Kabel Bergerak).

Selain keamanan dari segi pasokan, PLN ikut menyiagakan sebanyak 4.881 personel yang terdiri dari 3.606 personil Pelayanan Teknik, 101 personil Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan 1.174 personil PLN.

Para personil juga telah melakukan apel siaga keandalan kelistrikan KTT G20 pada Selasa, (15/3/2022) di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, yang dipimpin oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Ida Nuryatin Finahari.

“Para personil tersebut didukung oleh 204 armada berupa 128 unit mobil pelayanan teknik, 62 unit sepeda motor pelayanan teknik, dan 14 mobil PDKB sentuh Langsung,” tuturnya.

3. Masih ada cadangan daya listrik hingga 30 persen

PLN Amankan Listrik 11 Lokasi ETWG G20 di Jateng dan DI Yogyakarta Petugas PLN siaga menjaga keandalan listrik di rumah sakit rujukan COVID-19. (dok. PLN)

Haryanto memastikan, saat ini pasokan listrik di Jawa Tengah dan DIY dalam keadaan aman. Daya mampu atau kapasitas nyata suatu pembangkit menghasilkan Mega Watt (MW) diJateng-DIY mencapai 6.772 MW.

Sedangkan beban puncak tertinggi berada di angka 4.721 MW. Dengan begitu, masih ada cadangan daya sebesar 30 persen.

“Diharapkan dengan peralatan yang mutakhir, serta SDM yang mumpuni tersebut PLN dapat memberikan pelayanan kelistrikan yang prima khususnya pada pelaksanaan Presidensi G20,” tandasnya.

Baca Juga: PLN Turunkan 3.460 Personel Amankan Pasokan Listrik Nataru di Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya