PLN Turunkan 3.460 Personel Amankan Pasokan Listrik Nataru di Jateng

So, jaminan gak ada lagi byar pet kan?

Semarang, IDN Times - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY siap mengamankan pasokan listrik saat momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Ribuan personel dan cadangan listrik disiagakan pada dua perayaan tersebut tersebut.

1. Sebanyak 3.460 personel PLN siap siaga

PLN Turunkan 3.460 Personel Amankan Pasokan Listrik Nataru di JatengPetugas PLN sedang memulihkan listrik saat banjir di Kota Semarang. Dok. PLN IUD Jateng dan DIY.

Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN UID Jateng DIY, Indah Yuliati mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 3.460 personel dan 377 kendaraan untuk siaga di saat Nataru 2022.

‘’Sedangkan, untuk pasokan listrik kami juga siap dengan cadangan sebesar 1.600 megawatt (MW). Seluruh jaringan distribusi listrik juga dalam kondisi normal operasi siap melayani seluruh pelanggan PLN di Jateng dan DI Yogyakarta,’’ ungkapnya saat ditemui di acara media gathering di Panorama Resto Semarang, Senin (13/12/2021).

Baca Juga: 3.940 Personel Jaga Keandalan Listrik RS di Jateng dan DI Yogyakarta

2. PLN siapkan cadangan listrik capai 1.600 MW

PLN Turunkan 3.460 Personel Amankan Pasokan Listrik Nataru di JatengIlustrasi Gardu Induk/Media Umat

Adapun, sepanjang akhir hingga awal tahun 2022 PLN akan mengamankan dan memantau sejumlah lokasi penting. Lokasi tersebut di antaranya tempat ibadah dan tempat publik seperti mal, tempat wisata, pabrik, hingga kantor polisi.

Indah memprediksi beban puncak pada Nataru nanti mencapai lebih 4.600 MW. Kendati demikian, masyarakat tidak perlu khawatir karena PLN masih mempunyai cadangan listrik sebesar 1.600 MW.

‘’Meskipun beban puncaknya melebihi 4.600 MW, tapi dipastikan masih aman karena kami masih mempunyai cadangan 1.600 listrik MW,’’ tuturnya.

3. Pelanggan diminta unduh PLN Mobile

PLN Turunkan 3.460 Personel Amankan Pasokan Listrik Nataru di JatengAplikasi PLN Mobile. (Dok. PLN)

Sementara itu, listrik padam bisa saja terjadi dalam keadaan yang tidak terencana seperti ada bencana alam maupun cuaca.

Mengantisipasi percepatan pemulihan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan jaringan tersebut, PLN UID Jateng dan DI Yogyakarta akan melakukan siaga penuh pada setiap posko pelayanan teknik. Posko-posko tersebut dapat dihubungi melalui Contact Center 123 maupun aplikasi PLN Mobile.

‘’Sehingga, kami juga meminta kepada pelanggan untuk mendownload PLN Mobile. Apabila ada gangguan listrik padam segera gunakan PLN mobile, karena dengan aplikasi ini kita bisa gerak cepat melaporkan gangguan listrik yang sedang terjadi,’’ tandas Indah.

Baca Juga: Natal 2021, Kapasitas Gereja di Jateng Tetap Dibatasi 50 Persen

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya