Comscore Tracker

22 Polisi di Banyumas COVID-19 dari Pak Bhabin, Satu Polsek Lockdown

Layanan dipindah ke polsek terdekat dan Polres Banyumas

Banyumas, IDN Times - Polresta Banyumas melakukan mikro lockdown di Polsek Cilongok. Hal itu dilakukan karena sebanyak 22 personel polisi di polsek tersebut positif terpapar COVID-19.

1. Anggota polisi yang terpapar COVID-19 diminta isolasi mandiri

22 Polisi di Banyumas COVID-19 dari Pak Bhabin, Satu Polsek LockdownIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19, ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Kapolres Banyumas, Kombes Pol M Firman L Hakim mengatakan, upaya mikro lockdown untuk sterilisasi dilakukan dengan penyemprotan desinfektan. Pihaknya meminta anggota polisi yang terpapar virus corona melaksanakan karantina hingga beristirahat secara total.

“Kita lihat dalam beberapa hari ini jika tidak menyebar, polsek akan kami buka kembali. Kemudian, kami ganti personel polseknya dengan polisi dari Polresta Banyumas,” katanya melansir Serayunews, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga: Akhir Pekan, Warga Kudus Wajib di Rumah Saja, Dilarang Gelar Hajatan

2. Dari satu polisi yang positif menulari 21 polisi lain

22 Polisi di Banyumas COVID-19 dari Pak Bhabin, Satu Polsek LockdownIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kasus terpaparnya 22 polisi di Polsek Cilongok diduga berawal dari salah seorang Bhabinkamtibmas yang mengikuti kegiatan swab massal yang diselenggarakan Satgas COVID-19 tingkat kecamatan. Satu orang yang terkonfirmasi positif virus corona itu kemudian menulari 21 polisi lain setelah di tes swab PCR.

"Kasus tersebut berawal dari seorang Bhabinkamtibmas yang pada tanggal 26 Mei 2021 sudah merasakan kondisi kurang fit. Namun, karena bertanggungjawab akan tugasnya, dia pun menganggap hal tersebut hanya sakit biasa dan tetap melaksanakan pekerjaannya," tuturnya.

Selanjutnya, pada tanggal 30 Mei 2021, yang bersangkutan menjalani tes swab PCR secara mandiri. Berselang sehari, hasil swab PCR menunjukkan positif COVID-19. 

"Setelah hasilnya keluar, kami langsung tracing dan testing terhadap personel Polsek Cilongok yang kontak erat. Hasil tracing menunjukkan 21 personel Polsek Cilongok dinyatakan terpapar COVID-19. Beruntung tujuh orang personel lainnya yang turut ikut swab menunjukkan hasil negatif," ujarnya.

3. Pelayanan di Polsek Cilongok dialihkan ke polsek lain

22 Polisi di Banyumas COVID-19 dari Pak Bhabin, Satu Polsek LockdownIlustrasi kantor polisi (tribratanews.polresprobolinggo.info)

Selain 22 personel di Polsek Cilongok yang terpapar virus corona, ada juga satu orang pramukantor yang juga positif COVID-19.

"Hingga saat ini kami masih menunggu hasil tes swab PCR lima orang lainnya,” imbuhnya.

Adapun untuk kondisi terkini, anggota Polsek Cilongok yang terpapar COVID-19 dalam keadaan baik, karena termasuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

“Rata-rata personel kami sudah vaksinasi, sehingga efek yang dirasakan bisa dikatakan tidak ada. Saat ini mereka menjalani karantina mandiri. Kalau tidak kunjung membaik, artinya tidak ada perubahan signifikan, maka akan dipindahkan ke rumah karantina di Baturraden,” tandasnya. 

Ihwal pelayanan di Polsek Cilongok, selama lockdown layanan dialihkan ke polsek-polsek sekitar dan Polres Banyumas.

Baca Juga: Kewalahan! Polisi Bantu Pemakaman Jenazah Pasien COVID-19 Kudus 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya