Puncak Hari Pers Nasional 2024 Digelar di Jakarta, Ini Agendanya

Ada Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023

Semarang, IDN Times - Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 akan diselenggarakan Persaturan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Jakarta pada 9 Februari 2024 mendatang. Berbagai rangkaian acara dan kegiatan mulai digelar salah satunya Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023.

 

1. Banyak kegiatan saat HPN 2024

Puncak Hari Pers Nasional 2024 Digelar di Jakarta, Ini AgendanyaKetua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendry Ch Bangun. (IDN Times/Uni Lubis)

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendry Ch Bangun mengatakan, banyak kegiatan yang akan digelar pada perayaan HPN 2024 seperti seminar, konvensi, dan Anugerah Jurnalistik Adinegoro.

‘’Pada rangkaian acara kami juga akan mengundang para calon presiden untuk memberikan pidato. Sebab, perayaan HPN 2024 nanti waktunya berdekatan dengan Pemilu 2024 dan Pilpres 2024,’’ ungkapnya pada webinar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 dan soft launching HPN 2024, Senin (30/10/2023).

Adapun, Anugerah Jurnalistik Adinegoro ini merupakan penghargaan tertinggi dari PWI Pusat untuk karya jurnalistik terbaik di Indonesia.

‘’Anugerah Adinegoro sejak awal dimaksudkan PWI untuk memberikan penghargaan karya jurnalistik terbaik pada jurnalis dalam kurun waktu satu tahun. Maka, melalui kompetisi jurnalistik ini semoga kelak lahir karya berkualitas. Selain itu, wartawan terangsang memberikan kinerja terbaik mereka,’’ kata Hendry.

2. Anugerah Jurnalistik Adinegoro berikan Rp35 juta bagi pemenang

Puncak Hari Pers Nasional 2024 Digelar di Jakarta, Ini AgendanyaIlustrasi pers (IDN TImes/Arief Rahmat)

Pada Anugerah Adinegoro tahun 2023 ini, hadiah yang akan diberikan kepada pemenang terbaik yaitu uang tunai sebesar Rp35 juta. Terdapat 7 kategori lomba di antaranya liputan kedalaman untuk media cetak, liputan kedalaman untuk media siber, liputan kedalaman untuk media radio, liputan kedalaman untuk media televisi. Lalu, karya foto jurnalistik media cetak dan siber, karya karikatur opini untuk media cetak dan siber, serta karya jurnalistik video media sosial.

‘’Hadiah untuk pemenang lomba nantinya sebesar Rp35 juta. Agak turun sedikit karena sebelum pandemik hadiah untuk pemenang pernah senilai Rp50 juta. Semoga ini bisa menjadi hadiah tertinggi bagi sebuah kompetisi jurnalistik. Kemudian, mulai tahun ini kami juga memberikan penghargaan pada platform baru yang mengakomodir kemajuan jurnalistik itu sendiri. Bagi yang ingin berpartisipasi waktunya masih ada hingga 30 November mendatang,’’ jelas Hendry.

Untuk diketahui, HPN 2024 ini mengangkat tema ‘’Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa’’. Tema tersebut berkaitan dengan tema yang diusung dari kompetisi jurnalisme Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023, yakni ‘’Merawat Semangat Kebangsaan dan Demokrasi’’.

Ketua I Dewan Pengarah HPN 2024, Uni Lubis menyampaikan, pihaknya ingin melibatkan pihak-pihak dan mitra lain konstituen organisasi pers dalam penyelenggaraan HPN 2024. Upaya ini karena pers milik semua dan harus diurusi bersama.

‘’Selain itu, terkait tema HPN 2024, yakni ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa’’. Kita tahu peringatan HPN sangat dekat dengan Pemilu 2024, maka konteks transisi kepemimpinan nasional ini dikaitkan dengan peran pers dalam mengawal Pemilu 2024,’’ tuturnya.

3. Tema HPN 2024 dan Anugerah Adinegoro saling berkaitan

Puncak Hari Pers Nasional 2024 Digelar di Jakarta, Ini AgendanyaIlustrasi Hari Pers Nasional (dara.co.id)

Menurut Wakil Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat itu, pers harus mengawal proses pesta demokrasi itu. Disamping itu, tidak hanya demokrasi dalam arti politik, tapi saat ini ada keterbelahan atau polarisasi di masyarakat yang sudah diperparah dengan peran AI yang ada di media sosial dan media massa.

Sementara, terkait tema Anugerah Adinegoro yaitu soal demokrasi dan keberagaman, saat ini, tema soal demokrasi dan keberagaman sudah mengarah pada demokrasi digital.

‘’Algoritma berperan besar dalam kehidupan artificial intelegence (AI). Maka, jurnalis yang akan ikut kompetisi Anugerah Adinegoro perlu melihat secara luas dari tema yang disyaratkan. Politik bukan hanya soal pemilu tapi juga soal demokrasi digital,’’ kata Pimpinan Redaksi IDN Times itu.

4. Tantangan demokrasi digital

Puncak Hari Pers Nasional 2024 Digelar di Jakarta, Ini AgendanyaPribadi

Untuk diketahui, IDN Times sendiri pernah menang dalam Anugerah Adinegoro pada tahun 2021.

‘’Anugerah ini sangat membanggakan, sebab IDN Times dengan usia 7 tahun sebagai media baru atau new kids on the block berhasil meraih penghargaan tersebut. Pada tahun itu kami mendapat 47 penghargaan dari berbagai lembaga, tapi paling membanggakan adalah Anugerah Adinegoro. Anugerah ini bisa menjadi tolak ukur kualitas jurnalisme,’’ tandasnya.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya