RS Kariadi Semarang Siapkan Lantai 6 Untuk Isolasi Pasien Virus Corona

Tenaga medis dan sarpras disiapkan

Semarang, IDN Times - RSUP Kariadi menjadi salah satu rumah sakit yang ditunjuk pemerintah untuk menangani pasien virus corona atau Covid 19. Dalam status siaga tersebut rumah sakit di Kota Semarang itu menyiapkan lantai 6 di salah satu gedung untuk dijadikan ruang isolasi.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Kariadi, dokter Agoes Poerwoko SpOG(K) MARS mengatakan, kesiagaan pihaknya dalam menghadapi pasien virus corona secara ketenagaan medis sangat siap.

‘’Tenaga medis kami secara jumlah serta kompetensi sangat cukup dan siap menangani pasien virus corona,’’ ungkapnya saat ditemui, Selasa (3/3).

Baca Juga: Cerita Penggali Kubur Saat Pemakaman Pasien Negatif Corona RS Kariadi

1. Siapkan SDM medis berkompetensi ahli

RS Kariadi Semarang Siapkan Lantai 6 Untuk Isolasi Pasien Virus CoronaIkatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh (IDN Times/Saifullah)

Diketahui, sejak dikeluarkannya surat tentang kewaspadaan virus corona oleh Kementerian Kesehatan dan ditunjuk pemerintah sebagai salah satu rumah sakit rujukan, RSUP Kariadi sudah melakukan simulasi penanganan pasien virus corona.

Simulasi tersebut dilakukan bersama Dinas Kesehatan Jawa Tengah dan Kota Semarang, serta Kesehatan Daerah Militer juga Bhayangkara. 

‘’Pada simulasi itu kami sudah siap dalam menerima pasien, menangani di ICU hingga saat pasien meninggal. Bahkan, untuk SDM tidak ada kekhawatiran,’’ tuturnya.

Adapun, SDM yang disiapkan dan disiagakan meliputi dokter penyakit dalam tropik infeksi, dokter paru, dokter radiologi, laboratorium, patologi, hingga dokter di intensif care. Sedangkan, jumlah perawat juga sangat cukup, termasuk perawat tersertifikasi khusus untuk penanganan pasien infeksi.

2. Lantai 6 untuk ruang isolasi

RS Kariadi Semarang Siapkan Lantai 6 Untuk Isolasi Pasien Virus CoronaSuasana RSUP Kariadi di jam pelayanan pagi hari. IDN Times/Fariz Fardianto

Kabid Pelayanan Medis RSUP Kariadi, dokter Nurdopo Baskoro SpRad(K) menjelaskan, setelah kesiapan tenaga medis siap, terkait sarana dan prasarana pihaknya juga telah menyediakan.

‘’Jika terjadi kasus cukup banyak, maka tentu kebutuhan ruang untuk pasien virus corona juga banyak. Maka, kami menyediakan ruangan khusus untuk pasien dengan kasus yang sama. Mungkin jika sampai membludak, lantai enam RSUP Kariadi akan jadi ruang isolasi,’’ katanya.

3. Ada 15 pasien sedang dalam penanganan

RS Kariadi Semarang Siapkan Lantai 6 Untuk Isolasi Pasien Virus CoronaSimulasi penanganan pasien virus corona di RSUP dr Kariadi Semarang. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Saat ini tercatat total pasien yang masuk RSUP Kariadi dalam kriteria dalam pengawasan ada 15 pasien. Sebanyak 10 pasien sudah pulang, satu meninggal, dan lima orang masih di rumah sakit.

‘’Semua pasien yang ada sudah kami ambil sampel dan dikirim ke Litbangkes. Sedangkan, lima orang pasien yang masih di rumah sakit juga akan dipulangkan. Selain itu, datang lagi dua pasien yang melakukan pemeriksaan.Satu pasien yang diketahui habis pulang umroh dengan gejala batuk dan demam sedang dirawat, satu lagi masih dalam pemeriksaan, namun keduanya secara klinis baik,’’ jelasnya.   

Baca Juga: Depresi Virus Corona, WNA Korea di Solo Dikremasi Lalu Dipulangkan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya