Taman Air Mancur Bubakan Bakal Jadi Museum Sejarah Kota Lama Semarang 

Ditargetkan selesai November 2020

Semarang, IDN Times - Taman air mancur di bundaran Bubakan bakal beralih fungsi menjadi museum sejarah Kota Lama Semarang. Kini Pemkot Semarang sedang mengerjakan proyek pembangunan infrastruktur yang ditargetkan selesai pada akhir November 2020 mendatang. 

1. Museum Bubakan terpaksa dibangun di tengah pandemik COVID-19

Bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), proyek tersebut harus diselesaikan meskipun di tengah pandemik COVID-19. Adapun, pembangunan museum kota lama yang dilengkapi dengan kolam retensi, sclupture, dan jembatan kaca ini menelan anggaran Rp 15 miliar. 

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menuturkan, Bundaran Bubakan nantinya akan menjadi destinasi wisata yang menarik karena dilengkapi dengan sclupture dan jembatan kaca. Selain itu, ada sarana edukasi yaitu belajar mengenai sejarah Kota Lama Semarang dan juga berfungsi sebagai pengendali banjir dengan kolam poldernya.

Baca Juga: Pemkot Semarang Akan Lanjutkan Pembangunan Saat Pandemik COVID-19

2. Artefak yang ditemukan di bawah Bundaran Bubakan akan dipajang di museum

Taman Air Mancur Bubakan Bakal Jadi Museum Sejarah Kota Lama Semarang Photo by semaranghitshitz via Instagram

“Bubakan ini kalau sudah selesai akan menjadi destinasi yang menarik. Bagian bawahnya ada kolam polder yang memiliki fungsi retensi banjir, di atasnya ada kolam indah yg dilengkapi dengan jembatan kaca serta terdapat museum Kota Lama Semarang dan ada artefak berupa ujung benteng (bastion) Kota Lama," ungkapnya melalui keterangan resmi, Rabu (26/8/2020).

Artefak yang dimaksud adalah ujung benteng yang ditemukan di bawah bundaran. Artefak ini nantinya akan dipertontonkan di dalam sebuah kotak kaca sehingga pengunjung bisa melihat secara langsung peninggalan sejarah kota lama.

3. Selama pembangunan penutupan sementara jalan diberlakukan

Taman Air Mancur Bubakan Bakal Jadi Museum Sejarah Kota Lama Semarang Instagram/@semarangpemkot

Adanya proses pembangunan museum tersebut mengharuskan pemberlakuan penutupan sementara jalan di seputaran Bundaran Bubakan. Penutupan jalan telah dimulai pada Sabtu (22/8/2020) hingga 22 November 2020 mendatang. 

Hendi panggilan akrab wali kota menjelaskan, pada tahap pertama, kendaraan dari arah MT Haryono yang hendak menuju ke Kota Lama atau Stasiun Tawang dialihkan ke Jalan Agus Salim-Suari-Sendowo-Kali Semarang. Kemudian, kendaraan dari arah Pasar Johar menuju Jalan Dr Cipto atau Citarum, akan dialihkan ke Jalan Kali Semarang – Tawang – Cendrawasih – Bubakan – Pattimura.

"Sedangkan, kendaraan dari Jalan MT Haryono ke pelabuhan atau Demak dialihkan ke Jalan Patimura – Widoharjo – Raden Fatah. Untuk menghindari kemacetan, penutupan jalan akan dibagi menjadi empat segmen dan penutupan akan dilaksanakan secara bergantian sesuai jadwal pengerjaan," tuturnya. 

4. Museum Bubakan akan selesai pada akhir November 2020

Taman Air Mancur Bubakan Bakal Jadi Museum Sejarah Kota Lama Semarang www.instagram.com/wisatasemarang

Dia berharap warga Kota Semarang bersabar dan memaklumi apabila perjalanan yang melewati bundaran Bubakan menjadi sedikit terganggu. “Bagi warga yang ingin melewati Bundaran Bubakan harap maklum dan bersabar apabila perjalanannya terganggu akibat proses pengerjaan proyek. Mudah-mudahan tidak lama lagi akan selesai,” imbuhnya. 

Sementara, saat ini pekerjaan Museum Bubakan telah mencapai 70 persen dan ditargetkan selesai pada akhir November 2020. 

“Target kami, proyek pembangunan Museum Bubakan ini selesai akhir bulan November 2020. Kami juga terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR agar proses pembangunan ini bisa selesai tepat waktu sesuai target sehingga tidak terlalu lama mengganggu kenyamanan lalu lintas warga di bundaran Bubakan,” tandasnya. 

Baca Juga: AIESEC Semarang Dorong Masyarakat #BangkitBersama untuk Berwirausaha  

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya