Universitas Siber Muhammadiyah Kembangkan Digitalisasi Dakwah  

Disrupsi 4.0 bukan ancaman bagi pendidikan tinggi

Semarang, IDN Times - Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) mengembangkan pembelajaran modus tunggal online kepada mahasiswa. Upaya ini bagian dari amanah Muhammadiyah dalam bidang digitalisasi dakwah.

1. SiberMu pantau perkembangan teknologi

Universitas Siber Muhammadiyah Kembangkan Digitalisasi Dakwah  Pixabay

Untuk memantau perkembangan teknologi, Universitas SiberMu menyelenggarakan acara SiberMu Future Visit #1 di Yogyakarta, belum lama ini. Acara itu mengangkat tema 'Disrupsi 4.0: Chat GPT, Artificial Intelligence, Blockchain, dan Teknologi Immersive sebagai Peluang Bukan Ancaman bagi Pendidikan Tinggi'.

Rektor SiberMu, Bambang Riyanta mengatakan, kegiatan tersebut merupakan respons dari SiberMu dalam memantau perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini. Upaya ini sekaligus untuk membaca peluang dalam menjawab persoalan pendidikan ke depan.

"SiberMu menjadi satu-satunya PTMA yang dimiliki oleh Muhammadiyah yang menggunakan modus tunggal online dengan beroperasi secara digital," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga: SMA 3 Semarang Langganan Juara Olimpiade dan Tanamkan Budaya Riset ke Siswa 

2. Jangkau pendidikan 100 tahun ke depan

Universitas Siber Muhammadiyah Kembangkan Digitalisasi Dakwah  Universitas SiberMu menyelenggarakan acara SiberMu Future Visit #1 di Yogyakarta, belum lama ini. (dok. SiberMu)

Event SiberMu Future Visit #1 menjadi salah satu ikhtiar untuk dapat mengubah tantangan dan risiko perkembangan teknologi dengan memanfaatkan peluang yang besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

‘’Lahirnya SiberMu menjadi salah satu amanah dari Muhammadiyah untuk menjadi penanda abad ke-2 Muhammadiyah dalam bidang digitalisasi dakwah,’’ ujarnya.

Sementara, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Irwan Akib mengatakan, kehadiran SiberMu menjawab persoalan pendidikan di Indonesia saat ini. Sebab, SiberMu merujuk perjuangan KH Ahmad Dahlan dalam mendirikan sekolah 100 tahun lalu yang juga turut menjangkau bagaimana keadaan pendidikan 100 tahun ke depan.

"Semangat SiberMu ini adalah semangat KH Ahmad Dahlan, hadir menjawab tantangan hari ini dan tantangan masa depan pendidikan kita," katanya.

3. Kunjungi kampus virtual melalui teknologi immersive

Universitas Siber Muhammadiyah Kembangkan Digitalisasi Dakwah  Pinterest

Untuk diketahui, kehadiran teknologi dan respons dalam melihat peluang teknologi menjadi sangat penting bagi pendidikan. Sehingga, kegiatan SiberMu Future Visit #1 ini dikemas dalam sebuah event edutainment dengan memanfaatkan perangkat AI dalam beberapa bagian acara.

Pada kegiatan tersebut SiberMu juga mendemonstrasikan pemanfaatan teknologi immersive melalui kunjungan kampus Virtual SiberMu. Lalu, pada akhir acara SiberMu menawarkan beberapa layanan kerja sama kepada komunitas pendidikan berkaitan dengan distance learning dan pemanfaatan teknologi terkini.

Co-Founder sekaligus Lead Consultant Kubik Leadership, Dr Indrawan Nugroho menyampaikan, mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan tidak bisa terhindarkan lagi.

“Kecerdasan buatan akan melengkapi kecerdasan manusia. Sehingga, mari kita memperbaiki cara belajar kita, pola edukasi kita, untuk masa depan mereka yang lebih baik,” pungkasnya.

Baca Juga: SMKN 2 Sukoharjo Buka Program Keahlian Usaha Pertanian Terpadu

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya