Comscore Tracker

Viral di Medsos Jual NFT Foto Selfie, Ini Rahasia Ghozali Raup Rp1,5 M

Chef Arnold dan Jejouw beli NFT foto selfie Ghozali

Semarang, IDN Times - Jagad maya sedang geger dengan sosok Ghozali Everyday yang menjual non fungible token (NFT) atau token digital foto selfie dirinya. Pemuda bernama Sultan Gustaf Al Ghozali mendadak jadi sultan yang sebenarnya karena meraup cuan hingga miliaran rupiah dalam waktu tiga hari. 

1. Ghozali Everyday jualan NFT dari 932 foto selfie

Viral di Medsos Jual NFT Foto Selfie, Ini Rahasia Ghozali Raup Rp1,5 MAkun Ghozali Everyday di situs OpenSea. (Twitter/CoinGecko)

Mahasiswa Jurusan Animasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang itu membagikan kisah awal mula ia membuka lapak berjualan sebanyak 932 foto selfie di akun Ghozali Everyday di situs OpenSea, Kamis (13/1/2021).

‘’Saya kenal NFT ini dari kampus dan referensi internet. Kebanyakan orang upload NFT itu dengan gambar-gambar 3D atau 2D yang lucu-lucu. Kemudian, saya mikir lucu juga kalau foto selfie muka saya yang di-upload di OpenSea. Ya, sudah saya unggahlah mulai akhir Desember tahun lalu,’’ ungkap pria berusia 22 tahun itu.

2. Dalam 3 hari raih untung Rp1,5 miliar

Viral di Medsos Jual NFT Foto Selfie, Ini Rahasia Ghozali Raup Rp1,5 MSultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday berhasi meraup untung Rp 1,5 miliar dari menjual NFT foto selfie di situs OpenSea. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Ghozali mengunggah ratusan foto selfie miliknya yang ia buat sejak lulus SMK tahun 2017 hingga sekarang. Pemuda kelahiran Kabupaten Jepara itu sudah meyakini kalau tidak akan ada yang membeli NFT miliknya. Ia pun justru sengaja memasang harga 3 dolar AS agar tidak ada yang beli.

"Ternyata, setelah saya upload akhir Desember 2021 dan saya promosikan tiga hari lalu malah laris manis. Saya menyangka malah nggak akan ada yang bakal beli, makanya saya hanya mematok harga 3 dolar AS,’’ tutur mahasiswa semester tujuh itu.

Dalam tiga hari Ghozali mampu meraup cuan dari total keseluruhan jual beli mencapai Rp12 miliar. Namun, dari hasil penjualan itu ia hanya mengantongi 1,5 miliar.

‘’Ya, karena misalnya ada yang jual foto saya seharga Rp20 juta saya hanya dapat 10 persennya saja,’’ ujarnya.

Baca Juga: Bikin Kuliner Kaki Lima Semarang Jadi Viral, Kreator Banjir Cuan

3. Chef Arnold beli 25 NFT foto selfie Ghozali

Viral di Medsos Jual NFT Foto Selfie, Ini Rahasia Ghozali Raup Rp1,5 MIlustrasi Bitcoin (ANTARA FOTO/REUTERS/Benoit Tessier)

Foto selfie anak dari pasangan Erna Setyawati dan Heru Kamdani tersebut kini sudah beredar ke mana-mana. Aset crypto yang ada di blockchain dengan gambar foto Ghozali juga dibeli oleh chef selebritas Arnold Poernomo atau akrab dikenal dengan nama Chef Arnold.

‘’Awalnya ya cuma dipromosikan oleh NFT Indo, kemudian orang luar ikut beli. Bahkan, sampai Chef Arnold dan Jejouw juga beli. Tidak hanya satu tapi 25 foto wajah saya gitu. Nggak nyangka kok bisa laku ya,’’ ungkapnya.

4. Orang tua belum tahu Ghozali punya uang Rp1,5 miliar

Viral di Medsos Jual NFT Foto Selfie, Ini Rahasia Ghozali Raup Rp1,5 MSultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday berhasi meraup untung Rp 1,5 miliar dari menjual NFT foto selfie di situs OpenSea. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Padahal jika merunut awal mulanya, alasan Ghozali membuat 932 foto selfie itu untuk animasi template. Sesuai rencana, ia berswafoto setiap hari sejak lulus SMK selama lima tahun terakhir hingga lulus kuliah nanti untuk digabung dalam satu video.

‘’Meski foto selfie saya sudah laris untuk NFT, saya tetap ingat pada tujuan awal yaitu membuat video,’’ imbuhnya.

Ghozali pun bercita-cita setelah lulus kuliah ia ingin bekerja di sebuah studio animasi dan kemudian ingin membuat studio animasi sendiri.

Lalu saat ditanya untuk apa uang hasil jualan NFT foto selfie, ia mengatakan akan digunakan untuk investasi. Namun, ia masih bingung bagaimana kalau orang tuanya belum tahu mendapat uang tersebut.

‘’Sampai sekarang orangtua saya belum tahu saya dapat uang itu dari mana,’’ katanya.

Baca Juga: Tertarik Investasi Bitcoin? Cek Perusahaan Kripto yang Terdaftar Resmi

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya