Comscore Tracker

Viral! Logo SHIELD Distaru Semarang Mirip Marvel, Ramai Cuitan Warganet

Duh, ko bisa persis di Marvel Shield sih?

Semarang, IDN Times - Video peresmian Ruang Spatial Holistic Integrated Environment and Land Division (SHIELD) di Kantor Dinas Tata Ruang Kota Semarang yang diunggah di akun Twitter resmi Pemerintah Kota Semarang @humaspemkotsmg, Jumat (2/4/2022) viral dan ramai diperbincangkan warganet. Pasalnya, logo SHIELD tersebut dikatakan mirip dengan milik Marvel. 

1. Pemkot Semarang resmikan SHIELD

Ruang SHIELD secara langsung diresmikan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. SHIELD sendiri adalah salah upaya peningkatan kinerja Dinas Tata Ruang Kota Semarang dengan tagar #BergerakBersama

Ruang tersebut merupakan divisi integrasi holistik spasial lingkungan dan pertanahan. Sehingga, melalui SHIELD diharapkan keterbukaan informasi terintegrasi soal lingkungan dan pertanahan di Kota Semarang dapat lebih diperkuat. 

SHIELD memiliki peran dalam memberikan informasi tentang Kota Semarang dari berbagai sumber, seperti cuaca, wilayah rawan bencana, hingga sistem peringatan dini. 

Baca Juga: Tertutup Mendung, Hilal Tidak Terlihat di MAJT Semarang

2. Warganet kritik logo SHIELD mirip punya Marvel

Viral! Logo SHIELD Distaru Semarang Mirip Marvel, Ramai Cuitan WarganetKritikan warganet terkait logo SHIELD milik Dinas Tata Ruang Kota Semarang. (Twitter/@gumpnhell)

Akan tetapi, logo SHIELD yang terekam dalam video tersebut memancing reaksi warganet karena dianggap mirip dengan logo Marvel. Hingga Minggu (3/4/2022), unggahan tersebut sudah mendapatkan 167 komentar dan dibagikan 1.671 kali. 

Seperti komentar salah satu warganet, @F_Nusaputra, "Dinas tata ruang kota. Logonya shield marvel banget tuhu. Hubungannya apa pula tata ruang sama burung itu hah?" Cuitan ini pun ditautkan di akun resmi milik Marvel Studios. 

Kemudian, warganet lain, @mtrshlh juga berkomentar, "Dengan kreatifitas kok logo nyontek. Hypcrite much."

Komentar senada juga dicuitkan @AoG_Ignacio, "Sebagai warga Semarang, saya malu dengan identitas logo yang digunakan. Sayang sekali ide & rencana program yang bagus tapi logo tanpa kreativitas." 

3. Logo SHIELD diklaim berfilosofi seperti mata elang

Viral! Logo SHIELD Distaru Semarang Mirip Marvel, Ramai Cuitan WarganetPerbandingan logo SHIELD milik Distaru Kota Semarang dan Marvel. (Twitter/@adjieandro)

Selain itu, ada pula warganet yang mengunggah dan menyandingkan logo SHIELD milik Pemkot Semarang dan S.H.I.E.L.D milik Marvel Studios. 

Menanggapi kemiripan logo SHIELD, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Tata Ruang Kota Semarang, Mohamad Irwansyah mengatakan, logo tersebut memiliki filosofi seperti mata elang melihat dari jauh. 

"Saya melihat filosofinya dapat. Itu yg diharapkan. Bukan kesengajaan mau apa," ujar Mohamad Irwansyah saat dikonfirmasi, Minggu (3/4/2022). 

4. Logo SHIELD milik Pemkot Semarang akan diganti

Viral! Logo SHIELD Distaru Semarang Mirip Marvel, Ramai Cuitan WarganetRuang SHIELD Dinas Tata Ruang Kota Semarang. (Tangkapan layar Twitter/@humaspemkotsmg)

Atas kritikan dan reaksi dari warganet di unggahan video peluncuran SHIELD Kota Semarang itu, Irwansyah mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan serta meminta maaf. 

"Saya apresiasi dan mohon maaf terjadi seperti ini," katanya. 

Selanjutnya, Distaru Kota Semarang akan segera mengganti logo SHIELD tersebut. Sementara, admin akun Twitter @humaspemkotsmg juga mengunggah cuitan, "Telah dievaluasi oleh Dinas Tata Ruang Kota Semarang sebagai yang menangani. Terima kasih cc @DISTARUSemarang."

Baca Juga: Sidak Pasar Jelang Ramadan di Semarang, Ada Beda Harga Versi Pemerintah

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya