Bersepada Lipat Nikmati Keindahan Banyumas di Xplore Purwokerto 2019 

Diikuti ratusan komunitas sepeda lipat di Indonesia

Purwokerto, IDN Times - Bertujuan memperkenalkan wisata Banyumas Komunitas Sepeda Lipat Purwokerto (SELIP) bakal mengadakan 'Xplore Purwokerto 2019' yang akan dilangsungkan pada 9 November 2019 mendatang.

Xplore Purwokerto 2019 merupakan ajang sportouirsm yang dilangsungkan untuk memperkenalkan potensi wisata di Kabupaten yang berada jalur selatan Pulau Jawa ini. Peserta bakal disuguhi panorama alam, objek wisata, kuliner, dan kesenian Banyumas.

Baca Juga: Kejuaraan 76 Downhill 2019 Seri 3 di Kudus, Diikuti Atlet Asian Games

1. Diramaikan oleh 126 komunitas sepeda lipat dari seluruh Indonesia

Bersepada Lipat Nikmati Keindahan Banyumas di Xplore Purwokerto 2019 Humas Jateng

Gowes Xplore Purwokerto 2019 rencanaya juga bakal diramaikan oleh sebanyak 126 komunitas sepeda lipat dari berbagai penjuru Nusantara. Dan rencananya bakal diikuti sebanyak 735 peserta.

Mereka akan diajak menjelajahi panorama alam, objek wisata, kuliner, dan kesenian dari kota di jalur selatan Jawa Tengah ini.

2. Ajang sportourism perdana yang diselenggarakan komunitas sepeda lipat Purwokerto

Bersepada Lipat Nikmati Keindahan Banyumas di Xplore Purwokerto 2019 Humas Jateng

Menurut ketua penyelenggara, Adi Irawan, gowes Xplore Purwokerto 2019 dengan biaya pendaftaran Rp 350 ribu itu merupakan ajang sportouirsm perdana yang diselenggarakan oleh SELIP.

Gowes ini bakal terbagi dalam tiga pos pemberhentian dengan jarak tempuh sejauh 55 km.

"Ini event prabayar yang bukan lagi mengejar jarak dan kecepatan. Tetapi menawarkan jelajah dengan jalur alam, bukan jalan ramai. Tantangannya jalan menanjak dan turun," ujarnya saat menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di ruang kerja Gubernuran, Selasa (8/10) dilansir dari laman Humas Jateng.

3. Di setiap pemberhentian peserta bakal disuguhi makanan dan kesenian khas Banyumas

Bersepada Lipat Nikmati Keindahan Banyumas di Xplore Purwokerto 2019 instagram.com/purwokerto_keren

Adi menjelaskan, ketiga pos pemberhentian itu, meliputi Alun-alun Purwokerto yakni lokasi start, Desa Windujaya di Kecamatan Kedungbanteng, dan Telaga Sunyi di kawasan wisata Baturaden. Setiap pos pemberhentian nantinya akan disuguhi pertunjukan kesenian khas Kabupaten Banyumas.

"Kita kenalkan kuliner sego yangku, soto, mendoan, hingga cimplung. Mungkin itulah yang menjadi daya tarik. Sebab ketika kita buka pendaftaran online pada hari pertama Juli lalu langsung soldout 350 kuota. Sekarang sudah ditutup dengan 735 peserta yang rata- rata dari Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Bogor," jelasnya.

4. Kampanye gerakan say no to sampah plastik

Bersepada Lipat Nikmati Keindahan Banyumas di Xplore Purwokerto 2019 google

Bukan hanya jelajah alam, 'Xplore Purwokerto 2019' juga mengkampanyekan gerakan 'say no sampah plastik'. Nantinya panitia tidak menyediakan air mineral kemasan selama penyelenggaraan. Namun diganti fasilitas cangkir untuk minum dari galon.

"Souvenir cangkir untuk minum itu seperti mug dari bahan kaleng dengan logo SELIP. Karena kita mau mendukung upaya kelestarian alam serta meminimalkan penggunaan plastik," imbuh Adi.

5. Ganjar apresiasi penyelenggarakan Xplore Purwokerto 2019

Bersepada Lipat Nikmati Keindahan Banyumas di Xplore Purwokerto 2019 Humas Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi penyelenggaraan 'Xplore Purwokerto 2019' yang menurutnya dikemas secara menarik." Ini event bagus. Tema bagus, tempatnya bagus, wisatanya bagus. Eman-eman kalau enggak terpublish dan diketahui publik. Karena event pertama, jangan takut bermimpi," pesan Ganjar.

Baca Juga: 5 Resto Seafood di Purwokerto yang Rasanya Khas dan Lezat Banget

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya