Ganjar Pranowo Temui Gus Mus di Rembang, Cerita Situasi Terkini

Ngaku telah lama ingin bertemu Gus Mus

Rembang, IDN Times - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo bersilaturahmi ke rumah KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) di Kompleks Pondok Pesantren Raudlatul Thalibin, Leteh, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pada Senin (13/11/2023).

Pada pertemuan yang berlangsung pada Senin siang dengan Gus Mus ini Ganjar mengaku bercerita tentang kondisi bangsa saat ini.

Ganjar mengaku sudah cukup lama ingin bersilaturahmi dengan Gus Mus. "Sebenarnya saya sudah janji mau sowan beliau bahkan sejak sebelum selesai masa jabatan mau pamit, ternyata waktunya enggak cukup," terang dia.

Baca Juga: Tokoh-tokoh Bertemu di Rembang: Nilai Demokrasi Indonesia Diayun-ayun

1. Ingin silaturahmi ke Gus Mus

Ganjar Pranowo Temui Gus Mus di Rembang, Cerita Situasi TerkiniANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Ganjar datang dengan minibus warna hitam, Ia disambut oleh Wahyu Salvana yang merupakan menantu Gus Mus. Ganjar kemudian langsung masuk ke dalam rumah, beberapa saat Gus Mus keluar dan menyalami Ganjar.

Pada pertemuan yang berlangsung pada Senin siang Ganjar mengaku tujuannya datang ke Rembang bersilaturahmi dengan Gus Mus.

"Silaturahmi aja, walah kalau sama abah itu ceritanya yang lucu-lucu, cerita yang menceritakan situasi kekinian yang enteng-enteng saja. Sebenarnya saya sudah janji mau sowan beliau bahkan sejak sebelum selesai masa jabatan (gubernur Jateng) mau pamit, ternyata waktunya enggak cukup," terang Ganjar.

Baca Juga: Klarifikasi Gus Mus Soal Majelis Permusyawaratan Rembang, Mereka Sowan

2. Diskusikan situasi terkini dengan Gus Mus

Ganjar Pranowo Temui Gus Mus di Rembang, Cerita Situasi TerkiniSafari politik Bacapres Ganjar Pranowo di Lampung, Kamis (26/10/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Pada pertemuan singkat tersebut Ganjar mengaku sempat mendiskusikan situasi terkini bangsa Indonesia dengan Gus Mus. Termasuk keresahan dari para intelektual yang sehari sebelumnya sowan ke Gus Mus.

"Pertemuan kemarin di sini ada kegelisahan intelektual, agamawan yang kemarin acara di sini ya semacam itulah. Kita hanya diskusi aja sih," kata Ganjar.

Ganjar mengaku tidak ada pesan atau wejangan khusus dari Gus Mus kepadanya, namun menurutnya Gus Mus mendoakan Ganjar. "saya didoain," katanya.

3. Berharap puisi Gus Mus menjadi renungan dan nasehat terkait situasi terkini bangsa Indonesia

Ganjar Pranowo Temui Gus Mus di Rembang, Cerita Situasi Terkinitwitter.com/disporaparjtg

Apakah pertemuan dengan Gus Mus sempat membahas puisi yang sempat dibacakan Gus Mus di Solo beberapa waktu lalu? Ganjar mengaku tidak membahasnya.

"Gak itu gak perlu dibahas karena setiap puisi Gus Mus menceritakan kondisi dan situasi pada saat itu apakah itu sesuai dengan yang sekarang ya orang boleh menafsirkan," katanya.

Ia berharap puisi-puisi Gus Mus mampu memberikan peringatan dan nasehat kepada semua orang terkait situasi terkini bangsa Indonesia, "Setidaknya dengan puisi dengan kalimat, dengan kata-kata yang halus mudah-mudahan perasaan orang banyak tersentuh selalu eling lan waspodo," katanya   

Baca Juga: Klarifikasi Gus Mus Soal Majelis Permusyawaratan Rembang, Mereka Sowan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya