Kaesang - Erina Naik Kereta Hijau, Jokowi Naik Kereta Merah 

Pak Babin jadi kusir kereta kencana Kaesang

Surakarta, IDN Times - Sebanyak 12 kereta kuda bakal digunakan untuk rangkaian acara kirab manten Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, di Solo, Minggu (11/12/2022).

Kereta kuda untuk membawa pengantin, Kaesang dan Erina, yakni kereta warna hijau yang ditarik enam ekor kuda, sedangkan Presiden Jokowi bakal menggunakan kereta berwarna merah ditarik dua ekor kuda.

Kirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran Kota Surakarta pada Minggu (11/12) pagi.

Baca Juga: Akses Menuju Loji Gandrung Ditutup Total Jelang Kirab Resepsi Kaesang, Brimob Siaga

1. Kaesang kereta warna hijau Jokowi warna merah

Kaesang - Erina Naik Kereta Hijau, Jokowi Naik Kereta Merah Aparat TNI bersenjata laras panjang menjaga ketat akses utama menuju kirab resepsi Kaesang-Erina. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy menyebut total 12 kereta kuda dan 28 ekor kuda telah disiapkan di Mako Polresta Surakarta, untuk kirab tersebut.

"Kereta kencana warna hijau ini, dengan enam ekor kuda rencana dinaiki oleh Mas Kaesang dan Erina, sedangkan kereta kencana rencana untuk Bapak Presiden, yang warna merah dengan dua ekor kuda," katanya.

Minggu pagi ribuan masyarkat Solo dan sekitarnya telah memadati area Jalan Slamet Riyadi, selain Kota Solo warga dari Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar, Klaten berbondong-bondong memadati area CFD Kota Solo di Jalan Slamet Riyadi.

 

2. Pak Babin jadi kusir kereta Kaesang - Erina

Kaesang - Erina Naik Kereta Hijau, Jokowi Naik Kereta Merah Kusir andong menunggu calon penumpang di kawasan Malioboro. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Kusir kereta kencana Kaesang - Erina yakni Aiptu Warsito. Ia mengaku bangga terpilih menjadi kusir sejak Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Surakarta hingga Presiden dua periode.

"Beliau kalau ada event-event (kegiatan) yang membutuhkan kereta kencana selalu menghubungi keluarga kami atau adik kami yang tinggal di Jajar Solo," katanya.

Warsito yang sehari-hari bertugas sebagai anggota bhabinkamtibmas di Polsek Kesugihan, Polresta Cilacap itu, mengaku sudah terbiasa merawat kuda sehingga sering mengendarai kereta kuda.

3. Kapolda Jateng bangga dengan Aiptu Warsito

Kaesang - Erina Naik Kereta Hijau, Jokowi Naik Kereta Merah Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. (Dok Humas Polda Jateng)

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengapresiasi langsung kepada Aiptu Warsito.

Ia mengaku bangga seorang personel kepolisian setempat terlibat langsung dalam pesta rakyat itu.

"Kamu hebat ya, bisa jadi kusir putra Presiden. Hebat kamu," katanya.

Ia berharap, perhelatan "ngunduh mantu" putra Presiden Jokowi berjalan lancar dan aman.

Baca Juga: 9 Lokasi Panggung Hiburan Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya