Kapal LCT Kandas di Perairan Karimunjawa Picu Kerusakan Terumbu Karang

Nahkoda dan 4 ABK diperiksa

Jepara, IDN Times - Terumbu karang di Kepulaun Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah mengalami kerusakan akibat ditabrak Kapal LCT Serasi IX yang kandas.

Baca Juga: Ombak 4 Meter Melanda Rembang, Karimunjawa dan Laut Jawa saat Tahun Baru

1. Kapal LCT Serasi IX kandas di kawasan terumbu karang perairan Gosong Seloka

Kapal LCT Kandas di Perairan Karimunjawa Picu Kerusakan Terumbu KarangKapal LCT Serasi IX yang kandas dan merusak terumbu karang di Karimunjawa. dok Polda Jateng

Informasi yang yang dihimpun, kejadian kandasnya kapal LCT Serasi IX terjadi pada Kamis 9 Februari 2023 sekitar pukul 07.00 WIB, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Karimunjawa mendapatkan informasi dari Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan warga Desa Kemujan, Karimunjawa, terkait Kapal LCT yang berada di atas terumbu karang di Perairan Gosong Seloka Karimunjawa yang merupakan zona tradisional perikanan.

Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan petugas di resort Legon Lele melakukan cek ke lapangan. Hasilnya sekitar pukul 09.40 WIB dikoordinat S -5.85502/ E 110,48838 tim menemukan kapal LCT SERASI IX kandas dan masih tertahan tidak bisa berpindah dari perairan Gosong Seloka.

Selain mengambil koordinat lokasi kapal yang kandas, tim kemudian melakukan pemeriksaan terhadap 4 ABK dan nahkoda kapal, mengamankan dokumen kapal, kemudian melakukan pengambilan dokumentasi dengan kamera underwater, mengidentifikasi jenis karang yang rusak.

2. Bakal dilakukan identifikasi kerusakan terumbu karang

Kapal LCT Kandas di Perairan Karimunjawa Picu Kerusakan Terumbu KarangKapal LCT Serasi IX yang kandas dan merusak terumbu karang di Karimunjawa. dok Polda Jateng

Tim dari STPN juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk dari desa di Karimunjawa. Hasilnya bahwa akan ada staf dari desa Karimunjawa yang akan ikut serta dalam kegiatan survey lanjutan setelah kapal yang kandas dapat ditarik dari lokasi TKP. Kemudian mereka juga menitipkan dokumen kapal di Kantor Syahbandar Karimunjawa.

Tak hanya itu besok, Jumat tanggal 10 Februari 2023, dimulai pukul 07.30 wib mereka juga melakukan persiapan kegiatan ground check lokasi TKP setelah kapal berhasil dipindahkan dari lokasi kandas kapal.

Setelah itu juga akan dilakukan pengumpulan data ulang dokumentasi, luas area kerusakan terumbu karang dan pendataan jenis-jenis karang yang rusak. Permasalahan ini juga telah ditangani oleh Gak Kum KLHK kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

3. Kandasnya kapal yang berakibat kerusakan terumbu karang ditangani Ditreskrimsus Polda Jateng

Kapal LCT Kandas di Perairan Karimunjawa Picu Kerusakan Terumbu KarangKapal LCT Serasi IX yang kandas dan merusak terumbu karang di Karimunjawa. dok Polda Jateng

Terpisah Kabid Humas Polda Jateng Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengiyakan adanya kapal kandas yang diduga merusak terumbu karang di wilayah Karimunjawa.

"Laporan tentang dugaan pengrusakan terumbu karang di Karimun Jawa sudah diterima Ditreskrimsus Polda Jateng. Saat ini kasus masih didalami oleh Subdit IV / Tipidter dan dikoordinasikan penanganannya dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup," katanya.

Baca Juga: Diterpa Cuaca Buruk, KRI Makassar Akhirnya Kirim BBM dan Sembako ke Karimunjawa

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya