Diterpa Cuaca Buruk, KRI Makassar Akhirnya Kirim BBM dan Sembako ke Karimunjawa

KRI Makassar telah berangkat ke Karimunjawa

Semarang, IDN Times - KRI Makassar-590 milik TNI Angkatan Laut akhirnya mendapat tugas untuk mengirimkan pasokan bahan bakar minyak (BBM), sembako dan genset ke Pulau Karimunjawa, Jepara. Kapal perang tersebut berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Karimunjawa pada Kamis (5/1/2023).

1. Daftar bantuan logistik yang dikirim ke Karimunjawa

Diterpa Cuaca Buruk, KRI Makassar Akhirnya Kirim BBM dan Sembako ke KarimunjawaIlustrasi BBM (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Sekda Jawa Tengah, Sumarno mengatakan, KRI Makassar membawa pertalite 30 kiloliter, biosolar 65 kiloliter, dan dexlite 5 kiloliter. Di samping itu, ada bantuan tambahan dari PLN berupa lima genset statis, genset crane 2 unit serta 10 drum oli. 

“Juga masih ada bantuan dari Pemprov Jateng dari Dinas Ketahanan Pangan berupa beras. Kalau dari BPBD sebanyak 400 paket sembako, dari Kementerian Perhubungan juga sembako dua ribu paket,” tuturnya. 

Baca Juga: 500 Wisatawan asal Karimunjawa Akhirnya Tiba di Tanjung Emas, Ada 49 Turis Asing

2. Karimunjawa sulit ditembus karena ada cuaca buruk

Diterpa Cuaca Buruk, KRI Makassar Akhirnya Kirim BBM dan Sembako ke KarimunjawaBalai Taman Nasional Karimunjawa bersama Lanal dan polisi saat mengawasi kedatangan wisatawan di Pulau Karimunjawa Jepara. (Dok Kecamatan Karimunjawa Jepara)

Dirinya berterima kasih kepada TNI AL yang bersedia meminjamkan kapalnya untuk mengangkut logistik ke Pulau Karimunjawa.

Musababnya, cuaca buruk belakangan ini menyebabkan armada kapal milik Pelni maupun pesawat sulit menjangkau pulau dengan populasi sepuluh ribu jiwa tersebut. 

3. Pertamina dan PLN kirim pasokan BBM dan genset ke Karimunjawa

Diterpa Cuaca Buruk, KRI Makassar Akhirnya Kirim BBM dan Sembako ke KarimunjawaIlustrasi genset. Internet

Ia juga mengapresiasi Pertamina dan PLN yang berkoordinasi untuk bisa mengangkut BBM dan genset yang dibutuhkan masyarakat Karimunjawa. 

"Karena kondisinya kemarin kita agak sulit menuju Karimunjawa. Dengan kesulitan kapal Pelni kemarin, pesawat juga susah. Kemarin Pak Ganjar minta bantuan kapal dari TNI Angkatan Laut," kata Sumarno. 

Kondisi pasokan cuaca saat ini yang berdampak pada kekurangan logistik dan energi, diakuinya bisa menjadi pelajaran ke depan untuk mempersiapkan pasokan yang lebih matang, saat memasuki musim hujan.

4. Lanal Semarang ikuti perintah KASAL untuk jalankan kapal perang

Diterpa Cuaca Buruk, KRI Makassar Akhirnya Kirim BBM dan Sembako ke KarimunjawaGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberi salam hormat kepada personel Lanal Semarang yang ikut bertugas mengangkut logistik ke Karimunjawa menggunakan KRI Makassar. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Danlanal Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi mengatakan, dirinya akan terus membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam, pengungsian maupun bantuan kemanusiaan. Oleh karena itu, ketika Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkomunikasi meminta bantuan, dihubungi langsung, pihaknya segera merespon. 

“Ini salah satu tugas kita membantu pemerintah daerah memberikan bantuan kemanusiaan. Sebulan lalu, cuaca dan kondisi di laut yang kurang begitu bagus, sehingga dukungan logistik, terutama di pulau-pulau, di luar pulau besar, terkendala terkait masalah transportasi. Sesuai Arah Bapak KSAL, Laksamana TNI Muhammad Ali untuk bisa dibantu kapal perang," jelasnya. 

Baca Juga: Gegara Ombak Tinggi, 12 Wisatawan di Karimunjawa Pilih Nyarter Pesawat

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya