Gegara Ombak Tinggi, 12 Wisatawan di Karimunjawa Pilih Nyarter Pesawat

Susi Air bawa wisatawan pulang dari Karimunjawa

Jepara, IDN Times - Sebanyak 12 wisatawan yang tertahan di Pulau Karimunjawa Jepara diketahui memutuskan untuk pulang dengan menyewa pesawat milik Susi Air. Pihak Bandara Dewandaru Karimunjawa menyatakan belasan wisatawan memilih pulang naik pesawat Susi Air dua hari yang lalu.

1. Pulang dari Karimunjawa dua hari lalu

Gegara Ombak Tinggi, 12 Wisatawan di Karimunjawa Pilih Nyarter PesawatBalai Taman Nasional Karimunjawa bersama Lanal dan polisi saat mengawasi kedatangan wisatawan di Pulau Karimunjawa Jepara. (Dok Kecamatan Karimunjawa Jepara)

Ariadi Widiawan, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewadaru membenarkan bahwa 12 wisatawan tersebut telah pulang naik pesawat Susi Air.

"Iya sudah dua hari yang lalu," kata Ariadi saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (27/12/2022). 

Baca Juga: Karimunjawa Dikepung Ombak Tinggi, Ini Daftar 23 Biro Travel yang Bawa Wisatawan

2. Mendarat di Semarang jam 13.17

Gegara Ombak Tinggi, 12 Wisatawan di Karimunjawa Pilih Nyarter Pesawatilustrasi pesawat (Susi Air) (IDN Times/Rehia Sebayang)

Ia mengungkapkan, sesuai manifesnya jumlah penumpang yang dibawa Susi Air memang berjumlah 12 orang.

Pesawat Susi Air yang membawa 12 wisatawan berangkat dari Bandara Dewandaru kisaran jam 12.14 WIB. Kemudian dijadwalkan mendarat di Semarang jam 13.17 WIB. 

"Landing 12.14 WIB. Take off 13.17 WIB. Pax (penumpang) 12," tambahnya. 

Dirinya pun tak tahu pasti kenapa belasan wisatawan memutuskan menyewa pesawat untuk pulang dari Karimunjawa. "(Mungkin) karena mau naik pesawat kali ya," akunya. 

Seperti diketahui, Karimunjawa saat ini masih dilanda gelombang tinggi mencapai 4 meter. Diberitakan IDN Times sebelumnya, KM Kelimutu milik Pelni juga dijadwalkan menjemput para wisatawan lainnya yang masih tertahan di Karimunjawa. 

3. KSOP Jepara juga benarkan ada penjemputan pakai pesawat

Gegara Ombak Tinggi, 12 Wisatawan di Karimunjawa Pilih Nyarter Pesawatinstagram.com/explorekarimunjawa

Soal identitas 12 wisatawan yang menyewa pesawat Susi Air, ia tak bisa menjelaskan secara gamblang

"Kami selaku bandara tidak memiliki data wisawatawan karena pesawat charter. bisa dihubungi Susi Air," kata Ariadi. 

Terpisah, pihak SOP Kelas II Jepara juga menginformasikan bila ada pesawat Susi Air yang beroperasi di Bandara Dewandaru khusus untuk menjemput 12 orang.

"Saya baru dapat info kemarin 12 orang carter pesawat Susi Air untuk jemput mereka," ujar perwakilan KSOP Jepara yang enggan dikutip namanya. 

4. Wisatawan yang nyarter pesawat mendarat di Bandara Ahmad Yani

Gegara Ombak Tinggi, 12 Wisatawan di Karimunjawa Pilih Nyarter PesawatSejumlah penumpang pesawat saat memasuki terminal kedatangan penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Camat Karimunjawa, Muslikin saat dikontak IDN Times berkata, Susi Air yang membawa 12 wisatawan dari Karimunjawa mendarat di Bandara Ahmad Yani Semarang sekitar hari Sabtu (24/12/2022).

"Ada 12 orang berangkat sudah kemarin. Itu berangkatnya kala gak salah Sabtu. Kalau Susi Air kan di Bandara Dewandaru sudah masuk, kalau turunnya di Bandara Ahmad Yani Semarang. Untuk nilai carternya saya kurang tahu," tandasnya. 

Baca Juga: Karimunjawa Diterjang Ombak Tinggi, Camat Izinkan Wisatawan Nikmati Snorkeling

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya