Kloter Pertama Embarkasi Haji Solo Diterbangkan, Paling Tua 86 Tahun 

Ada empat kloter yang bakal berangkat dari Solo hari Rabu

Boyolali, IDN Times - Jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo diberangkatkan pada hari ini Rabu (24/5/2023). Calhaj asal Grobogan menjadi kloter pertama yang diberangkatkan, diikuti Calhaj asal Demak.  

Sebelum diberangkatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan dialog dan memberikan semangat jamaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo dalam acara pelepasan calon haji kloter pertama asal Kabupaten Grobogan di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa malam.

Baca Juga: Cerita Penjual Tempe di Grobogan Tunggu 11 Tahun Agar Bisa Berangkat Ibadah Haji

1. Kloter pertama berangkat pada Rabu dinihari

Kloter Pertama Embarkasi Haji Solo Diterbangkan, Paling Tua 86 Tahun ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo asal Kabupaten Grobogan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Rabu (24/5/2023), pukul 00.30 WIB.

"Saya senang melihat wajah-wajah jamaah calon haji kloter pertama dari Grobogan dan saya ditemani Wagub Jateng Taj Yasin, anggota DPR RI Komisi VIII, Dirut Garuda Indonesia Irfan Setyaputra, yang pesawatnya yang akan mengantar ke Tanah Suci," katanya.

Ganjar mendoakan ibadah haji bisa berlangsung lancar hingga mereka pulang ke tanah air dan menjadi haji mabrur.

2. Pesan Ganjar jamaah haji agar jaga kesehatan

Kloter Pertama Embarkasi Haji Solo Diterbangkan, Paling Tua 86 Tahun IDN Times/Fariz Fardianto

Ganjar mengimbau calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tetap menjaga kesehatan, terus komunikasi dengan pendamping kloter, kalau tidak tahu ditanyakan kepada petugas karena sebagian besar calon haji belum pernah pergi berhaji.

"Masyarakat yang belum pernah ke Tanah Suci harus sering-sering bertanya. Karena calon haji yang belum pernah ke Tanah Suci biasanya sering tersesat, tidak tahu hotelnya, tidak tahu transportasi yang akan dipakai mana," katanya.

3. Kloter pertama ada 360 calon haji yang berangkat

Kloter Pertama Embarkasi Haji Solo Diterbangkan, Paling Tua 86 Tahun Ilustrasi jamaah calon haji mengikuti pemeriksaan kesehatan ulang. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe))

Ketua PPIH Embarkasi Solo Musta'in Ahmad mengatakan Jemaah calon haji (calhaj) kloter pertama yang berasal dari Kabupaten Grobogan tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD), Kecamatan Ngemplak pada Selasa (23/05/2023) pagi.

Para jamaah calhaj ini sudah sampai di asrama sekitar pukul 04.30 WIB dengan dikawal oleh patwal polisi memasuki asrama dan langsung melakukan cek kesehatan.

Sebanyak 360 calon haji asal Kabupaten Grobogan tergabung kloter pertama Embarkasi Solo ini diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Rabu (24/5/2023), pukul 00.30 WIB.

Kloter pertama yang diberangkatkan yakni 184 jamaah calhaj laki laki dan 168 jamaah calhaj perempuan, serta usia termuda 24 tahun dan tertua 86 tahun.

4. Rabu ada empat kloter yang berangkat dari embarkasi haji Solo

Kloter Pertama Embarkasi Haji Solo Diterbangkan, Paling Tua 86 Tahun ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Keberangkatan kloter pertama ini kemudian diikuti calon haji kloter dua asal Grobogan, pada pukul 06.35 WIB, kloter ketiga (Grobogan dan Demak), pukul 12.05 WIB dan kloter keempat (Demak), pukul 19.50 WIB.

PPIH Embarkasi Solo pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, rencana memberangkatkan calon haji sebanyak 33.524 orang termasuk petugas kloter baik asal Jateng dan D.I Yogyakarta yang terbagi menjadi 95 kloter.

Baca Juga: Hari ini Koper Pertama Calon Haji Jateng  Diterbangkan ke Tanah Suci

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya