Korban Pembunuhan Mbah Slamet Ada Suami Istri Dikubur 1 Lubang

Pasutri korban Mbah Slamet berasal dari Lampung

Banjarnegara, IDN Times - Jumlah korban pembunuhan yang dilakukan oleh Slamet Tohari (45) dukun pengganda uang di Banjarnegara bertambah hingga mencapai 12 orang.

Sebelumnya polisi dibantu relawan berhasil mengevakuasi 10 jenazah yang dikiburkan di kebun yang ada di Desa Balun, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara. Selasa (4/4/2023) polisi kembali menemukan dua jenazah lainnya.

Baca Juga: Dukun Pengganda Uang di Banjarnegara  Racuni Korbannya Sejak 2020

1. Total 12 jenazah menjadi korban pembunuhan Mbah Slamet

Korban Pembunuhan Mbah Slamet Ada Suami Istri Dikubur 1 LubangKapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto. (Dok Humas Polres Banjarnegara)

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto mengatakan ada sebanyak 12 jenazah korban pembunuhan berencana yang dilakukan oleh Mbah Slamet berhasil ditemukan.

"Hari ini (4/4/2023) ditemukan lagi dua jenazah, sehingga total ada 12 jenazah," kata Kapolres saat menggelar konferensi pers di lokasi penguburan jenazah korban, Desa Balun, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa sore.

Tersangka Mbah Slamet juga turut dihadirkan dan Kapolres memintanya untuk mengingat identitas korban yang dikubur di setiap titik yang telah digali oleh petugas.

2. Mbah Slamet ingat ia menguburkan Pasutri korbannya dalam 1 lubang

Korban Pembunuhan Mbah Slamet Ada Suami Istri Dikubur 1 LubangTim BPBD, Polres Banjarnegara dan DVI menggali sekaligus mengidentifikasi identitas para korban pembunuhan berencana di Banjarnegara. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Dari sejumlah lubang bekas tempat menguburkan jenazah korban itu, Mbah Slamet hanya mampu mengingat satu titik saja, yakni dua jenazah yang baru ditemukan pada hari Selasa, sedangkan lainnya ia mengaku tidak ingat.

"Tadi Slamet ditanya lubang ini atas nama siapa, dia lupa, lubang yang lain juga lupa. Tapi yang (lokasinya) paling atas, yang terakhir hari ini, dia masih ingat," jelas Kapolres.

Berdasarkan keterangan tersangka, kata dia, jenazah yang ada di dalam lubang itu atas nama Erzat bersama istrinya yang tidak diketahui namanya dan mereka diketahui berasal dari Lampung.

3. Jenazah korban akan dilakukan autopsi

Korban Pembunuhan Mbah Slamet Ada Suami Istri Dikubur 1 LubangProses penggalian lubang tanah yang berisi 10 mayat korban pembunuhan berencana yang dilakukan dukun pengganda uang di Banjarnegara. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Kendati demikian, Kapolres mengaku belum bisa memastikan karena keterangan tersangka saat diinterogasi kadang-kadang berubah.

"Tapi untuk yang hari ini (4/4) dia bilang bahwa itu atas nama Erzat dan satu lagi yang perempuan istrinya, namun dia tidak mengenal. Jadi hari ini kami menemukan dua jenazah, sehingga total ada 12 jenazah," jelasnya.

Hendri mengatakan akan melakukan autopsi dua jenazah tersebut menyusul 10 jenazah yang telah ditemukan sebelumnya.

Sementara itu Terkait dengan hasil autopsi terhadap 10 jenazah yang ditemukan sebelumnya, dia mengatakan pihaknya hingga saat ini belum menerima hasilnya karena hal itu merupakan bagian dari proses penyidikan dan pemberkasan yang harus masuk dalam berkas perkara.

"Sehingga nanti akan kami pelajari karena dalam sidang akan dibuka juga hasil autopsi itu," jelasnya.

Baca Juga: Korban Dukun Pengganda Uang di Banjarnegara Tambah 12 Orang, Autopsi di RS Margono

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya