Listrik Padam Saat Bentrok Warga Wadas dan Polisi, Ada Apa?

PLN bantah padamkan aliran listrik

Purworejo, IDN Times - Aliran listrik di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo berbarengan dengan pengepungan aparat kepolisian di Desa Wadas.

Akibat padamnya listrik, warga mengaku kesulitan mengisi baterai smartphone mereka, warga juga mengaku susah berkomunikasi dengan menggunakan telepon genggam karena hampir sebagian besar telepon mereka kehabisan daya.

Baca Juga: Kapolda Jateng Ngaku Tidak Menahan 64 Warga Wadas: Cuma Mengamankan

1. Dugaan listrik sengaja dipadamkan

Listrik Padam Saat Bentrok Warga Wadas dan Polisi, Ada Apa?Kepolisian saat berada di Desa Wadas, Bener, Purworejo. (Twitter/YLBHI)

Padamnya listrik yang berbarengan dengan keberadaan ribuan aparat kepolisian di Desa Wadas, bahkan ada dugaan aliran listrik sengaja dimatikan. Akibatnya warga kesulitan berkomunikasi dengan menggunakan handphone, ditambah penjagaan ketat aparat membuat warga sulit beraktivitas dan ketakutan.

Namun dugaan pemadaman listrik merupakan unsur kesengajaan buru-buru dibantah oleh PLN. Pihak PT PLN membantah tudingan adanya unsur kesengajaan padamnya listrik demi menghambat komunikasi warga di Desa Wadas.

Pihak PLN beralasan pemadaman listrik di Desa Wadas terjadi akibat adanya gangguan pohon tumbang yang menimpa jaringan PLN.

2. Jaringan tertimpa pohon bambu yang tumbang

Listrik Padam Saat Bentrok Warga Wadas dan Polisi, Ada Apa?Petugas PLN siaga menjaga keandalan jaringan listrik di wilayah Jateng. (dok. PLN)

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang Yunarsih mengatakan berdasarkan penelusuran di lapangan, padamnya listrik yang terjadi di Desa Wadas pada tanggal 9 Februari 2022 akibat pohon bambu yang tumbang menimpa jaringan

“PLN tidak bisa serta merta memadamkan aliran listrik tanpa alasan yang jelas, kecuali dalam keadaan darurat seperti bencana alam. Faktor lain yang menyebabkan listrik padam adalah gangguan,” kata dia.

Dan pada pukul 10.20 WIB gangguan terebut telah berhasil ditangani petugas dan aliran listrik sudah kembali pulih.

3. Tak ada unsur kesengajaan pemadaman listrik

Listrik Padam Saat Bentrok Warga Wadas dan Polisi, Ada Apa?Ilustrasi meteran listrik, ilustrasi PLN, ilustrasi listrik (Dok. PLN)

Yunarsih mengatakan pihaknya sempat kesulitan mencari penyebab padamnya listrik. Pasalnya lalu lintas yang ramai dan padat di sekitar lokasi, sehingga proses pencarian penyebab padam membutuhkan waktu yang lebih lama.

Pada 2 hari sebelumnya yaitu pada tanggal 7 Februari 2022 pukul 20.58 WIB juga terdapat gangguan yang disebabkan oleh faktor binatang di lokasi yang sama, namun pada pukul 23.00 WIB PLN berhasil mengatasi dan langsung memulihkan aliran listrik.

Sedangkan pada hari Selasa tanggal 8 Februari 2022 PLN tidak menerima informasi terkait padam listrik seperti yang diberitakan.

“Jadi memang murni karena adanya gangguan dari alam, tidak ada unsur kesengajaan," katanya.

Baca Juga: Ombudsman Kecam Penangkapan Puluhan Warga Wadas, Sudah Lepas Kontrol

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya